Pengembangan soal realistik berkonteks budaya untuk mengases kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada topik geometri / Maskanur Rezky</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal realistik berkonteks budaya untuk mengases kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada topik geometri / Maskanur Rezky</p>

Rezky, Maskanur (2022) Pengembangan soal realistik berkonteks budaya untuk mengases kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada topik geometri / Maskanur Rezky</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting pada abad ke-21 untuk bisa menganalisa masalah memberikan solusi dan keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Aspek kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini meliputi interpretasi analisis evaluasi dan inferensi. Pemberian soal sebagai bentuk evaluasi pembelajaran menjadi salah satu alat untuk mengukur kemmapuan berpikir kritis siswa. Akan tetapi soal yang digunakan guru masih banyak yang belum mampu mengases kemampuan berpikir kritis dikarenakan soal yang disajikan masih berupa soal rutin dan belum melibatkan masalah nyata. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan soal realistik berkonteks budaya pada topik geometri jenjang SMP yang valid praktis dan efektif untuk mengases kemampuan berpikir kritis siswa. Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini ialah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi (1) analyze (2) design (3) develop (4) implement dan (5) evaluate. Kompetensi dasar dalam pengembangan soal ini dipilih berdasarkan cakupan materi geometri pada kurikulum 2013 revisi 2018. Penelitian dalam mengembangkan soal realistik dengan model ADDIE diawali dengan menganalisa kesenjangan masalah yang terjadi. Hasil wawancara terhadap guru dan siswa analisa soal pada buku teks rujukan serta soal yang digunakan guru untuk mengevaluasi pembelajaran matematika menunjukkan bahwa penyajian soal secara umum belum dapat mengases kemampuan berpikir kritis siswa dan belum melibatkan masalah realistik terutama yang menyajikan konteks budaya. Selanjutnya dilakukan desain pengembangan serta implementasi produk berupa soal dan rubrik penyekoran kemampuan berpikir kritis yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Tiga belas soal telah dikembangkan disertai rubrik penyekoran dengan masing-masing aspek kemampuan berpikir kritis terdapat deskripsi indikator kemudian diujicobakan ke lapangan. Adapun hasil perolehan skor rata-rata untuk kevalidan soal dan rubrik penyekoran ialah 3 78 sehingga berkategori sangat valid. Kepraktisan produk soal pengembangan diperoleh melalui angket respon guru dan siswa. Perolehan skor dari angket respon guru 3 8 dan dari rata-rata angket respon siswa 3 63 sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan produk soal pengembangan yang diperoleh dari tahap evaluasi dilihat dari kriteria daya pembeda soal. Hasil yang didapat bahwa sebelas butir soal memenuhi kriteria cukup baik pada interval skor serta dua soal berada pada kriteria baik dengan interval skor sehingga produk soal pengembangan dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322681

Actions (login required)

View Item View Item