Analisis berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika / Yanti Marasabessy</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika / Yanti Marasabessy</p>

Marasabessy, Yanti (2022) Analisis berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika / Yanti Marasabessy</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Marasabessy Yanti. 2022. Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji M.Si. (2) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Analisis Berpikir Berpikir Reflektif Pemecahan Masalah. Proses berpikir dalam memecahkan soal menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir reflektif. Berpikir reflektif ditandai dengan timbulnya keraguan (perplexity) terhadap jawaban dan melakukan upaya dalam mengatasi keraguan mengenai keraguan terhadap jawaban pemecahan masalah. Fokus pembelajaran matematika adalah menuntut kemampuan berpikir siswa dan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII MTs Al-Islah Kailolo dengan tiga kemampuan yaitu berkemampuan tinggi berkemampuan sedang dan berkemampuan rendah. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan perplexity yang dilakukan saat menyelesaikan masalah matematika dan refleksi yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal. Data penelitian berupa proses berpikir reflektif dalam memecahkan masalah yang diukur dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Hasil validasi instrumen oleh validator yaitu valid. Data penelitian ini dianalisis melalui lima tahapan yaitu (1) mengolah dan mempersiapkan data (2) mengekspor dan mengode data (3) mendeskripsikan data (4) menyajikan dan melaporkan temuan (5) menavsirkan temuan penelitian. Berpikir reflektif siswa berkemampuan tinggi dimulai dari reacting siswa melakukan penyelesaian dengan menyebutkan apa yang menjadi permasalahan dengan menyebutkan apa yang ditanya dan yang diketahui menjelaskan kelengkapan informasi dan menghubungkan permasalahan antara pengetahuan yang dimiliki dengan memberi penjelasan. Pada comparing siswa melakukan perbandingan masalah antara masalah yang dihadapi dengan masalah yang pernah dihadapi siswa menyusunan strategi penyelesaian dan mengimplementasikan strategi penyelesaian tersebut dan pada contemplating siswa menuliskan dan menjelaskan kesimpulan dengan menghubungkan pada konteks permasalahan siswa mendeteksi kesalahan dan memperbaiki kesalahan dalam jawaban. Berpikir reflektif siswa berkemampuan sedang cukup reflektif pada indikator reacting tapi kurang lengkap pada comparing dan contemplating. Pada reacting siswa melakukan penyelesaian dengan menyebutkan apa yang menjadi permasalahan dengan menyebutkan apa yang ditanya dan yang diketahui menjelaskan kelengkapan informasi dan menghubungkan permasalahan antara pengetahuan yang dimiliki dengan memberi penjelasan. Pada comparing siswa melakukan perbandingan masalah antara masalah yang dihadapi dengan masalah yang pernah dihadapi tetapi siswa tidak menuliskan susunan strategi penyelesaian dan menuliskan jawaban penyelesaian sesuai dengan pengalaman belajarnya dan pada contemplating siswa tidak menuliskan dan menjelaskan kesimpulan sesuai dengan konteks permasalahan siswa mendeteksi kesalahan dan memperbaiki kesalahn dalam jawaban. Berpikir reflektif siswa berkemampuan rendah tidak dapat merefleksikan pengetahuannya pada reacting comparing dan contemplating. Jadi siswa berkemampuan rendah tidak reflektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322680

Actions (login required)

View Item View Item