Wasqita, Rachmat (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pemecahan masalah materi bangun datar ditinjau dari gaya belajar siswa / Rachmat Wasqita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Manusia dalam menjalani kehidupan tentunya tidak lepas dari masalah yang dihadapi dalam menyelesaikan masalah manusia juga harus berpikir kritis agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan mempertimbangkan hal-hal yang mungkin terjadi. Ketika berbicara tentang pemecahan masalah tentunya siswa harus mempunyai kemampuan berpikir kritis agar dapat menyelesaikan masalah. Karena ketika siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis maka siswa akan dapat melakukan pemecahan masalah dengan hasil yang masuk akal terstruktur dan benar. Berdasarkan hasil observasi siswa dan wawancara guru banyak siswa yang kurang dalam berpikir kritis pada materi bangun datar dengan diperkuat oleh data awal yang diberikan kepada siswa. Ada beberapa indikator yang berbeda yang dapat melihat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian kali ini peneliti menggunakan indikator yang telah dipadukan pada pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada pemecahan masalah pada materi bangun datar ditinjau dari gaya belajar siswa. Indikator yang digunakan yaitu (1) Klarifikasi (2) Asessmen (3) Inferensi (4) Strategi. Instrument yang digunakan ada 3 yaitu (1) Lembar Kuesioner (2) Lembar Tes (3) Lembar wawancara. Setelah instrumen siap maka dilakukan validasi instrumen. Validasi dilakukan oleh satu orang pakar dan satu orang praktisi. Selanjutnya melihat kecendrungan gaya belajar siswa dari kuesioner yang dibagikan yang dimana subjeknya akan diperoleh dari setiap kecendrungan gaya belajar yang ada pada siswa dengan berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Setelah subjek sudah ada selanjutnya dilakukan tes pemecahan masalah dan diikuti wawancara pada setiap subjeknya untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan berpikir kritis dari subjek berdasarkan gaya belajar yaitu (1) gaya belajar visual mempunyai kemampuan cukup kritis (2) gaya belajar auditori mempunyai kemampuan cukup kritis dan kurang kritis (3) gaya belajar kinestetik mempunyai kemampuan kurang kritis dan cukup kritis dan (4) gaya belajar visual-auditori mempunyai kemampuan kritis dan cukup kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322675 |
Actions (login required)
View Item |