Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian dimensi myer briggs type indicator (mbti) / Annesa Eka Norman</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian dimensi myer briggs type indicator (mbti) / Annesa Eka Norman</p>

Norman, Annesa Eka (2022) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian dimensi myer briggs type indicator (mbti) / Annesa Eka Norman</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh siswa dengan komponen tersebut dalam pembelajaran siswa dapat belajar untuk menyelesaikan permasalahan dengan menyusun strategi yang sesuai permasalahan yang mereka hadapi. Berdasarkan hasil tes awal dan wawancara yang dilakukan peneliti kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Dalam proses belajar mengajar bagaimana cara siswa menemukan penyelesaian masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya faktor tidak langsung yaitu motivasi dan kemampuan diri yang berasal dari dalam diri siswa yang dipengaruhi oleh karakteristik yang dimilikinya. Karakteristik yang dimiliki siswa dapat dikatakan sebagai kepribadian siswa. Dalam dunia pendidikan hasil pekerjaan siswa terhadap masalah tertentu adalah cara untuk mengetahui cara berpikir siswa. David Keirsey (1998) mengelompokkan tipe kepribadian menjadi empat jenis berdasarkan skala preferensi yaitu kepribadian Artisan Idealist Rational dan Guardian. Dengan menyadari perbedaan kondisi pada masing- masing siswa maka pengajar dapat memberikan metode mengajar terbaik untuk masing-masing pribadi siswa. Metode mengajar akan diberikan berdasarkan kepribadian yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari tipe kepribadian dimensi MBTI (artisan idealist rational dan guardian). Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Riau yang dipilih secara purposive sampling dan proportionate stratified sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket tes wawancara dan dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen angket penggolongan tipe kepribadian oleh David Keirsey tes kemampuan pemecahan masalah dan pendoman wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan tipe kepribadian artisan idealist dan rational dapat memenuhi 3 indikator dari 4 indikator pemecahan masalah dengan langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah menyusun rencana pelaksanaan rencana dan subjek dengan tipe kepribadian artisan idealist dan rational tidak memenuhi 1 indikator yaitu meninjau kembali. Sedangkan subjek dengan tipe kepribadian guardian dapat memenuhi 2 indikator dari 4 indikator pemecahan masalah dengan langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah menyusun rencana dan tidak memenuhi 2 indikator pelaksananaan rencana dan meninjau kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322672

Actions (login required)

View Item View Item