Kesalahan koneksi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar beserta scaffolding / Rahayu Setyawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan koneksi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar beserta scaffolding / Rahayu Setyawati</p>

Setyawati, Rahayu (2022) Kesalahan koneksi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar beserta scaffolding / Rahayu Setyawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa kelas SMA masih rendah. Siswa masih banyak yang mengalami kesalahan koneksi matematis. Kesalahan koneksi yang dilakukan siswa adalah siswa belum mampu memahami masalah sehingga siswa belum dapat mengubah masalah ke dalam masalah matematika. Selanjutnya siswa belum mampu mengaitkan antar konsep matematika untuk menyelesaikan masalah. Selain itu siswa belum mampu mengaitkan masalah dengan prosedur matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan koneksi siswa SMA dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar beserta scaffolding-nya. Koneksi matematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Tipe koneksi matematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe koneksi pemodelan koneksi konsep dan koneksi prosedur. Selanjutnya scaffolding yang diberikan berupa pertanyan pancing untuk membantu siswa mengatasi kesalahan koneksi matematis. Scaffolding yang digunakan adalah scaffolding level 2 dan level 3 yaitu explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas X IPA 2 SMA Lab UM yang terdiri dari 6 siswa yaitu 2 siswa kelompok skor tinggi 2 siswa kelompok sedang 2 siswa kelompok rendah. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes koneksi matematis wawancara dan pemberian scaffolding. Tes koneksi diberikan kepada siswa sebanyak 2 kali. Tes koneksi 1 diberikan secara klasikal dalam 1 kelas. Selanjutnya tes koneksi 2 diberikan setelah wawancara dan pemberian scaffolding. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa siswa kelompok skor tinggi mengalami kesalahan koneksi prosedur siswa kelompok skor sedang mengalami kesalahan koneksi konsep dan prosedur sedangkan siswa dengan skor rendah mengalami kesalahan koneksi pemodelan kesalahan koneksi konsep dan kesalahan koneksi prosedur. Kesalahan dalam pemodelan koneksi disebabkan oleh siswa yang tidak memahami masalah yang diberikan. Kesalahan koneksi konsep disebabkan oleh siswa yang tidak mampu menghubungkan masalah dengan konsep matematika keterkaitan antar konsep dan kurang teliti dalam menerapkan rumus. Kemudian kesalahan koneksi prosedur disebabkan karena siswa kebingungan dalam menghubungkan konsep yang mengakibatkan prosedur yang diterapkan salah dan tidak lengkap. Selanjutnya peneliti memberikan scaffolding untuk memperbaiki kesalahan koneksi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322668

Actions (login required)

View Item View Item