Novitasari, Yenny Fitria (2022) Literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal tipe pisa ditinjau dari tipe kepribadian / Yenny Fitria Novitasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran matematika diharapkan dapat membekali siswa dengan kemampuan menerapkan konsep matematika untuk memecahkan permasalahan dunia nyata. Kemampuan demikian disebut literasi matematis. Individu dengan literasi matematis yang baik dapat menggunakan pengetahuan matematika yang dimiliki secara efektif dalam menghadapi masalah di kehidupan sehari-hari. Namun fakta menunjukkan bahwa capaian literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Program for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa Indonesia di bawah rata-rata internasional. Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan literasi matematis siswa Indonesia adalah dengan mengembangkan dan menerapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Literasi matematis bukan sesuatu yang dimiliki atau tidak dimiliki seseorang melainkan sesuatu yang dimiliki setiap orang dengan tingkat berbeda dan potensi berkembang selalu ada. Kepribadian merupakan faktor yang mempengaruhi literasi matematis individu. Keirsey menggolongkan kepribadian menjadi empat tipe yaitu guardian artisan rational dan idealist. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA ditinjau dari tipe kepribadian. Soal tipe PISA yang dimaksud adalah soal matematika konten ruang dan bentuk (space and shape) materi persegi panjang yang diadaptasi dari item soal yang ada di PISA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen pendukung penelitian yaitu (1) Tes Penggolongan Kepribadian (TPK) (2) Tes Literasi Matematis (TLM) dan (3) Pedoman Wawancara. Penelitian diawali dengan memberikan TPK dan TLM kepada 65 siswa. Kemudian dipilih delapan siswa sebagai subjek penelitian dan dilakukan wawancara. Data dari hasil TLM dan wawancara dianalisis untuk mendapatkan deskripsi literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA pada masing-masing tipe kepribadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa guardian mampu merumuskan permasalahan yang diberikan ke dalam bentuk matematis tetapi model yang dipilih tidak tepat. Dalam proses menerapkan prosedur matematis siswa guardian mampu menerapkan strategi dari rancangan yang telah dibuat untuk menemukan solusi matematis dengan prosedur runtut. Dalam proses menerjemahkan dan mengevaluasi siswa guardian mampu memenuhi semua indikator dan menafsirkan solusi matematis yang diperoleh kembali ke konteks permasalahan. Siswa artisan merumuskan permasalahan yang diberikan ke bentuk matematis dan memilih model yang tepat. Dalam proses menerapkan prosedur matematis siswa artisan mampu menerapkan strategi dari rancangan yang telah dibuat untuk menemukan solusi matematis tetapi tidak runtut. Proses menerjemahkan dan mengevaluasi siswa artisan mampu mengevaluasi kewajaran dari hasil penafsiran. Siswa rational mampu merumuskan permasalahan yang diberikan ke dalam bentuk matematis. tetapi tidak mengidentifikasi aspek matematis pada soal. Dalam proses menerapkan prosedur matematis siswa rational membuat strategi penemuan eksplorasi namun dalam pelaksanaannya tidak menjawab permasalahan. Dalam proses menerjemahkan dan mengevaluasi siswa rational mampu memenuhi indikator dalam proses tersebut. Siswa idealist merumuskan permasalahan yang diberikan tetapi salah dalam memilih model matematis. Dalam proses menerapkan prosedur matematis siswa idealist merancang strategi tanpa mempertimbangkan model awal. Dalam proses menerjemahkan dan mengevaluasi siswa idealist mampu memenuhi indikator dalam proses tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322663 |
Actions (login required)
View Item |