Pengaruh kelompok referensi terhadap pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang angkatan tahun 2017/2018) / Moch. Bayu Wijanarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kelompok referensi terhadap pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang angkatan tahun 2017/2018) / Moch. Bayu Wijanarko

Wijanarko, Moch. Bayu (2018) Pengaruh kelompok referensi terhadap pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang angkatan tahun 2017/2018) / Moch. Bayu Wijanarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijanarko. M. B. 2018. Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso (Studi pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2017/2018). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kelompok Referensi Informasional Utilitarian dan Keputusan Pembelian. Untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis perlu memerhatikan kualitas pelayanan selain itu ada faktor lain yaitu kelompok referensi yang berfungsi sebagai referensi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Saat ini teman menjadi referensi atau rujukan utama bagi konsumen sebelum membuat keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) deskripsi kelompok referensi (informasional dan utilitarian) (2) pengaruh informasional terhadap keputusan pembelian (3) pengaruh utilitarian terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang membeli di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso di berjumlah 100 mahasiswa. Sampel diperoleh dengan teknik perhitungan rumus Slovin dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 80 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Persepsi konsumen tentang variabel informasional di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso adalah baik sedangkan variabel utilitarian di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso adalah cukup baik. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel informasional terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso sedangkan pada variabel utilitarian tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng NelongsoPeneliti memberikan saran sebagai berikut (1) diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan alat analisis lainnya (misalnya dengan menambah variabel kepuasan konsumen) sehingga dapat menyempurnakan hasil penelitian ini. (2) kelompok referensi sudah terbukti pengaruhnya terhadap keputusan pembelian hal ini juga bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso untuk menentukan strategi pemasaran kedepannya. vii ABSTRACT Wijanarko. M. B. 2018. The Influence of Reference Group on Purchasing Decision at Nelongso Fried Chicken Restaurant (Study at Undergraduate Students Management Faculty of Economics 2017/2018 Universitas Negeri Malang). Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Rachmad Hidayat S.Pd. M.Pd. Keywords Reference group informational utilitarian value expression and purchase decision To win the competition in the business world need to pay attention to the quality of service in addition there are other factors that reference groups that serve as a consumer reference in making purchasing decisions. Currently friends become the main reference or reference for consumers before making a decision. The purpose of this research is to know (1) description of reference group (informational utilitarian and value expression) (2) informational influence to purchase decision (3) utilitarian influence to purchasing decision (4) influence of value expression to purchasing decision (5) reference groups (informational utilitarian and value expressions) simultaneously to the purchase decision. The population in this study is a student of Management Faculty of Economics State University of Malang who bought at Nelongso Roast Chicken Restaurant in the amount of 100 students. Samples were obtained by Slovin formula calculation technique and obtained the research sample as much as 80 respondents. Sampling method using random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires. The instrument feasibility test uses the validity and reliability test. Data analysis techniques using descriptive analysis. Data processing using SPSS 16 program. Based on the result of this research it can be concluded that (1) consumer perception about informational variables at Nelongso Roast Chicken Restaurant is good while utilitarian variable in Nelongso Roast Chicken Restaurant is good enough and the expression of value in Nelongso Roast Chicken Restaurant is not good. (2) There are positive and significant influence of informational variable and value expression variable to purchase decision at Nelongso Roast Chicken Restaurant whereas in utilitarian variable has no effect on buying decision at Nelongso Fried Chicken Restaurant. (3) There are positive and significant influence of informational utilitarian and simultaneous value variables to purchase decision at Nelongso Roast Chicken Restaurant. The researcher gives the following suggestions (1) it is expected that the researcher can further develop this research by using other analytical tools (for example by adding the variable of customer satisfaction) so as to refine the result of this research. (2) the reference group has proven its influence on the purchase decision it can also be a consideration for Nelongso Roast Chicken Restaurant to determine marketing strategy going forward.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32265

Actions (login required)

View Item View Item