Huda, Ristianur (2022) Pengembangan IKPD SPLDV berbasis react untuk meningkatkan self efficacy siswa / Ristianur Huda</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi awal penelitian dan wawancara bersama guru matematika di sekolah MTSs Nurul Yaqin menghasilkan data dan informasi minimnya peran serta siswa dalam kegiatan belajar. Siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan belajar. Proses belajar yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah. Hasil pre test siswa menunjukkan hasil tidak memenuhi syarat ketuntasan minimum pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Kemampuan penyelesaian persoalan kontekstual masih sangat rendah. Hampir sebagian besar siswa memiliki rasa takut dan kurang percaya diri dalam menyelesaikan persoalan matematika. Sehingga diperlukan kemampuan diri sendiri untuk mengorganisir dan melakukan eksekusi terhadap situasi dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Para ahli menyebutnya sebagai self efficacy. Data dilapangan menunjukkan self efficacy siswa masih sangat rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran di sekolah mitra penelitian diperoleh informasi bahwa guru minim referensi perangkat pembelajaran serta fasilitas penunjang kegiatan belajar. Hal tersebut menyebabkan siswa tidak terbiasa untuk melakukan aktivitas belajar secara mandiri dengan produk belajar yang bervariasi. Kurikulum 2013 menyatakan bahwa dalam kegiatan belajar matematika kemampuan hard skill maupun soft skill matematika termasuk di dalamnya terkandung nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter perlu dikembangkan secara beriringan dan berimbang terhadap proses belajar dengan pendekatan ilmiah. Dengan demikian akan mempengaruhi self efficacy siswa hingga mendapat hasil yang positif. Berdasarkan temuin dan data peneliti menyimpulkan perlu dilakukan penelitian pengembangan. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menguji kevalidan kepraktisan dan efektivitas produk untuk diterapkan dalam kegiatan belajar siswa. Dalam penelitian pengembangan ini salah satu strategi belajar yang efektif dan berpengaruh dalam kegiatan belajar kontekstual ialah strategi Relating Experiencing Applying Cooperating and Transferring (REACT). Serta media yang memungkinkan untuk digunakan di sekolah tersebut yakni lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Materi pelajaran yang dihadapkan pada siswa ialah bab sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Materi SPLDV dipilih karena merupakan materi kelas VIII dan bisa diterapkan dengan pembelajaran kontekstual. Kesulitan pengaplikasian konsep dan pemodelan matematis terhadap materi SPLDV sering kali dialami oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak terbiasa untuk menyelesaikan persoalan kontekstual. LKPD berbasis REACT yang disusun peneliti diharapkan dapat meningkatkan self efficacy siswa dalam kegiatan belajar. Subjek penelitian yakni 34 siswa MTSs Nurul Yaqin kelas VIIIA dan VIIIB. Data penelitian dihimpun dengan menggunakan instrumen penelitian yakni angket observasi dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Data yang dianalisis antara lain angket kevalidan produk kepraktisan produk dan efektivitas produk. Hasil analisis menunjukkan LKPD yang dikembangkan bernilai valid dan layak untuk di uji coba berdasarkan validasi ahli dengan akumulasi skor rata-rata yakni 67% terhadap aspek validasi media 66% terhadap aspek validasi materi dan 79% valid berdasarkan validasi guru. Analisis kepraktisan produk berdasarkan uji coba lapangan baik siswa maupun guru memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan oleh peneliti. Persentase hasil penilaian proses kegiatan belajar yakni mencapai 89% respon siswa terhadap LKPD yakni 73%. Analisis efektivitas berdasarkan ketuntasan belajar siswa mencapai 96% tuntas dan hasil uji n-gain digunakan sebagai uji efektivitas sample t-test. Hasilnya menunjukkan perolehan mean -37 91667 artinya produk LKPD berbasis REACT efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa pada kategori tinggi. Analisis produk telah memenuhi kriteria tujuan penelitian. Sehingga dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan bernilai valid praktis dan efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |