Manajemen modal kerja pada keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani Kota Malang / Merlin Nurlita Pandiangan - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen modal kerja pada keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani Kota Malang / Merlin Nurlita Pandiangan

Pandiangan, Merlin Nurlita (2018) Manajemen modal kerja pada keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani Kota Malang / Merlin Nurlita Pandiangan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pandiangan Merlin Nurlita. 2018. Manajemen Modal Kerja pada Keripik Tempe Moro Joyo dan Keripik Tempe Rohani Kota Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Kata Kunci makna modal kerja manajemen modal kerja Keripik Tempe Moro Joyo Keripik Tempe Rohani. Makna modal kerja adalah modal awal yang berupa uang dan modal tersebut digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan operasional dalam sebuah bisnis. Manajemen adalah kegiatan yang terdiri dari perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengendalian atas penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan serta semua hal tersebut harus disesuaikan dengan tujuan awal berdirinya sebuah bisnis. Selain itu pemilik bisnis juga harus mengetahui cara mengatur modal kerjanya dan menghubungkannya dengan ilmu manajemen. Fokus penelitian ini yaitu 1) makna modal kerja menurut keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani 2) manajemen modal kerja yang terdiri dari perencanaan pengorganisasian dan evaluasi di keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh terdiri dari observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan hermeneutics. Hermeneutics merupakan salah satu jenis analisis data yang menjelaskan secara kompleks terhadap apa saja yang telah diteliti oleh peneliti. Keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani merupakan 2 UMKM yang bergerak di bidang industri pangan terutama memproduksi makanan lokal khas dari Kota Malang yaitu keripik tempe. Keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani telah menerapkan manajemen modal kerja di dalam bisnisnya tetapi mereka memiliki cara manajemen tersendiri dan tentunya bersifat unik. Manajemen modal kerja yang diterapkan oleh keripik tempe Moro Joyo dan keripik tempe Rohani yaitu perencanaan pengorganisasian dan evaluasi. Ketiga hal manajemen tersebut langsung dihubungkan dengan jenis-jenis modal kerja yaitu kas piutang dan persediaan barang dagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna modal kerja yaitu modal keuangan dan modal sosial merupakan modal awal yang digunakan untuk membiayai kegiatan operasional. Selain itu manajemen modal kerja dari penelitian ini terdiri dari penyusunan perealisasian dan pemantauan atau penilaian tentang rancangan dana atau target penjualan. Saran untuk peneliti berikutnya yaitu menemukan lokasi penelitian lain yang bergerak di bidang bisnis khususnya budaya lokal. Saran tersebut bertujuan agar generasi muda tetap melestarikan budaya lokal dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32263

Actions (login required)

View Item View Item