Pengaruh tanggung jawab sosial terhadap ekuitas merek Aqua (studi pada konsumen Aqua mahasiswa S1 angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Evicha Wahyu Hamida

Hamida, Evicha Wahyu (2018) Pengaruh tanggung jawab sosial terhadap ekuitas merek Aqua (studi pada konsumen Aqua mahasiswa S1 angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Evicha Wahyu Hamida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hamida, Evicha Wahyu. 2018. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Ekuitas Merek AQUA (Studi pada Konsumen AQUA Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Handri Dian Wahyudi, M. Sc. Kata Kunci : Tanggung Jawab Sosial, Ekuitas Merek, Loyalitas Merek, Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek. Dalam kehidupan sehari ÔÇô hari, manusia tidak bisa terlepas dari berbagai macam kebutuhan. Beragam kebutuhan manusia akan suatu barang inilah yang pada akhirnya menarik produsen ÔÇô produsen untuk terus berinovasi untuk mengembangkan merek pruduk yang dimiliki. Berbagai cara strategi pemasaran digunakan agar merek yang dimiliki tetap hidup di pasarnya dan tetap dapat dikenali oleh konsumennya. Produsen berlomba ÔÇô lomba mengenalkan merek produknya dengan cara yang berbeda dengan para pesaingnya. Mulai dari melalui iklan di berbagai media, membuat iklan yang kreatif dan unik, sampai dengan menggunakan pendekatan ÔÇô pendekatan sosial kepada masyarakat sebagai bentuk perhatian perusahaan kepada kondisi lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) terhadap variabel ekuitas merek (brand equity) pada AQUA (Studi pada Konsumen AQUA Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu tanggung jawab sosial (X) dan ekuitas merek (Y). Populasi dalam penelitian ini menggunakan finite population, yaitu Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang sudah pernah membeli AQUA dan mengetahui program ÔÇô program tanggung jawab sosial dari AQUA. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 179 responden. Untuk menghindari kesalahan, maka sampel dinaikkan jumlahnya menjadi 200 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional sampling, yaitu teknik yang menghendaki cara pengambilan sampel dari tiap-tiap sub populasi dengan memperhitungkan besar kecilnya sub-sub populasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis SEM dengan program WarpPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel tanggung jawab perusahaan (corporate social responsibility) terhadap ekuitas merek (brand equity) pada AQUA. Berdasarkan hasil tersebut, saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada perusahaan AQUA yaitu (1) lebih banyak menjalin kerjasama dengan organisasi-organisasi nirlaba dalam melakukan program-program tanggung jawab sosial (2) lebih banyak melakukan inovasi-inovasi dalam berbagai aspek untuk mengembangkan produknya, (3) meningkatkan promosi yang menampilkan karakteristik produk, (4) meningkatkan kualitas produk yang dimiliki

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32262

Actions (login required)

View Item View Item