Analisis penetapan besar biaya pendidikan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA) 23 Malang / Novita Maulidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penetapan besar biaya pendidikan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA) 23 Malang / Novita Maulidya

Maulidya, Novita (2009) Analisis penetapan besar biaya pendidikan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA) 23 Malang / Novita Maulidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidya Novita. 2009. Analisis Penetapan Besar Biaya Pendidikan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA) 23 Malang. Skripsi Jurusan Admistrasi Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Setyadin M.Pd (II) Drs. Agus Timan M.Pd. Kata Kunci biaya pendidikan rancangan anggaran cashflow. Mengelola pendidikan TK yang berkualitas tidak dapat dipisahkan oleh salah satu komponen manajemen pendidikan yaitu dana pengelolaannya pun harus efisien dan transparan. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 biaya pendidikan TK yang diselenggarakan masyarakat ditanggung oleh penyelenggara TK tersebut dan dapat diperoleh dari orangtua/wali tetapi tidak memberatkan. Dalam rangka menetapkan besar biaya pendidikan penyelenggara TK sebelumnya menyusun Rencana Pendapatan dan Belanja TK (RAPBTK). Oleh karenanya harus berusaha mengidentifikasi sumber-sumber keuangan dengan cermat dan memperkirakan jumlah anggaran yang dapat diperoleh dari setiap sumber keuangan itu agar dapat melaksanakan semua program kegiatan yang telah disusun. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) variabel pendapatan apa saja yang diperoleh TK ABA 23 Malang (2) variabel biaya apa saja yang menjadi kewajiban TK ABA 23 Malang dalam menyelenggarakan biaya (3) variabel biaya apa saja yang dibebankan kepada otangtua/wali anak didik TK ABA 23 Malang dan berapa besar masing-masing biaya (4) bahan pertimbangan apa saja yang menjadi dasar untuk menetapkan besar kontribusi biaya pendidikan di TK ABA 23 Malang (5) bagaimana menghitung penetapan besar biaya pendidikan di TK ABA 23 Malang dalam satu tahun buku Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui variabel-variabel pendapatan yang diperoleh TK ABA 23 Malang (2) mengetahui variabel-variabel biaya yang menjadi kewajiban TK ABA 23 Malang dalam menyelenggarakan jasa pendidikan (3) mengetahui variabel-variabel biaya yang dibebankan kepada orangtua/wali anak didik TK ABA 23 Malang dan besar masing-masing biayanya (4) mengetahui bahan pertimbangan yang dijadikan dasar untuk menetapkan besar biaya pendidikan di TK ABA 23 Malang (5) menghitung penetapan besar biaya pendidikan yang ditanggung oleh orangtua/wali anak didik dalam satu tahun ajaran. Masing-masing terbatas dari Tahun Ajaran 2003/2004 sampai dengan Tahun Ajaran 2006/2007. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Objek penelitian adalah TK ABA 23 Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan pengeluaran analisis total biaya dan biaya satuan per murid serta laporan keuangan berupa laporan surplus/defisit dan cashflow/neraca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh TK ABA 23 Malang berasal dari iuran BP3 iuran bangunan piutang BP3 dan bangunan dari tahun sebelumnya infaq dan sumbangan laba kue bunga bank i serta uang iuran dari TPA ABA 23 Malang. Biaya yang dikeluarkan dalam penyelenggaraannya antara lain untuk pembiayaan administrasi sekolah pembayaran gaji/karyawan pembayaran jasa pembangunan serta pemeliharaan gedung dan taman pembelian dan pemeliharaan alat peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta biaya lain yang termasuk dalam perlengkapan sekolah. Biaya yang dibebankan kepada orangtua/wali anak didik TK ABA 23 Malang meliputi iuran infaq pendaftaran iuran bangunan uang seragam iuran Sumbangan Penyelenggaran Pendidikan (SPP) iuran kegiatan ekstrakurikuler serta biaya alih jenjang. Dalam hal menetapkan besar kontribusi biaya pendidikan di TK ABA 23 Malang tidak ada pertimbangan khusus. Besarnya biaya berpatokan pada biaya tahun sebelumnya serta harga kebutuhan yang terkait dengan biaya operasional sekolah. Pendapatan TK ABA 23 Malang yang diperoleh dari sejumlah sumber berturut-turut dari Tahun 2003 sampai dengan Tahun 2006 yaitu Rp 66.308.117 Rp 175.048.155 Rp 79.129.868 dan Rp 127.300.277. Pengeluarannya berturut-turut dari Tahun 2003 sampai dengan Tahun 2006 adalah Rp 17.693.650 Rp 164.147.500 Rp 29.129.697 Rp 127.301.122 sehingga didapat bahwa biaya seharusnya yang dibayar oleh per orang siswa secara berturut-turut dari Tahun 2003 sampai dengan Tahun 2007 adalah Rp 25.948 Rp 102.520 Rp 21.667 Rp 78.859 Rp 30.057. Untuk itu secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa kondisi keuangan TK ABA 23 Malang dapat dikatakan stabil. Implikasi hasil penelitian ini untuk upaya transparansi pengelolaan biaya pendidikan agar masyarakat terutama orangtua/wali anak didik bisa mendapatkan informasi tentang kondisi keuangan TK yang sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diharapkan peneliti lain lebih mengembangkan lagi teori dan teknik analisis yang telah diadopsi oleh peneliti. Apabila dalam penelitian ini peneliti hanya menghitung besar surplus/defisit dan analisis cashflow maka peneliti selanjutnya diharapkan dapat menganalisis pengelolaan keuangan pendidikan dengan sistem akuntansi yang berbeda dan dari segi siklus akuntansi pendidikan yang lebih terperinci dalam rangka mewujudkan lembaga pendidikan yang transparan sehingga lembaga pendidikan dapat mencapai pengelolaan keuangan yang ideal. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item