Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat ditinjau dari pemahaman instrumental dan relasional / Devita Rizka Utami</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat ditinjau dari pemahaman instrumental dan relasional / Devita Rizka Utami</p>

Utami, Devita Rizka (2022) Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat ditinjau dari pemahaman instrumental dan relasional / Devita Rizka Utami</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting yang harus dikuasai pada setiap jenjang pendidikan. Seringkali kemampuan matematika siswa didasarkan pada pengetahuan yang dimiliki dari sudut pandang mereka sendiri sehingga terjadi perbedaan konsep antara apa yang dipahami siswa dengan ilmu pengetahuan yang sebenarnya. Pada kenyataannya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah. Guru perlu memperhatikan jenis pemahaman yang dimiliki siswa pada saat pembelajaran. Pemahaman akan membantu siswa mengembangkan cara berpikir dan cara siswa mengambil keputusan. Namun saat ini masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal terutama pada soal cerita karena kurangnya pemahaman yang dimiliki. Sehingga perlu analisis lebih lajut terkait jenis pemahaman yang dimiliki untuk selanjutnya diketahui kesalahan yang dilakukan siswa pada setiap jenis pemahaman agar guru dapat menentukan langkah selanjutnya dalam mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kesalahan siswa dengan pemahaman instrumental dalam pengerjaan soal persamaan kuadrat berdasarkan analisis Newman (2) Bagaimana kesalahan siswa dengan pemahaman relasional dalam pengerjaan soal persamaan kuadrat berdasarkan analisis kesalahan Newman Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa dengan pemahaman instrumental dan dua siswa dengan pemahaman relasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui jenis pemahaman instrumental dan relasional yang dimiliki siswa. Sedangkan indikator Newman digunakan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Pada pemahaman instrumental siswa melakukan kesalahan transformasi karena siswa salah dalam membuat bentuk matematis serta tidak mengetahui rumus dan operasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal. Kesalahan keterampilan proses karena siswa tidak mengetahui prosedur yang dapat digunakan atau prosedur yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan soal dengan tepat. Kesalahan penulisan jawaban akhir karena siswa tidak mampu menemukan hasil akhir sesuai prosedur atau langkah-langkah yang digunakan dengan benar hal ini disebabkan oleh kesalahan prosedur sejak awal. (2) Pada pemahaman relasional siswa melakukan kesalahan keterampilan proses karena siswa salah menjelaskan tahapan-tahapan yang dilakukan dan tidak dapat melakukan operasi hitung yang benar secara sistematis. Kesalahan penulisan jawaban akhir karena siswa tidak dapat menyatakan secara eksplisit hasil akhir dengan benar serta tidak dapat membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322569

Actions (login required)

View Item View Item