Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada apotek Jaya Sehat Kota Malang) / Ridho Syawal Maulana

Maulana, Ridho Syawal (2018) Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada apotek Jaya Sehat Kota Malang) / Ridho Syawal Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Maualana, R, S. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Apotek Jaya Sehat Kota Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan Berkembangnya persaingan bisnis yang semakin kompetitif, maka perlunya adanya starategi dalam mengembangkan suatu bisnis untuk tetap memiliki daya saing dalam menjalankan bisnisnya. Maka dari itu setiap perusahaan harus mampu mempertankan pelanggannya agar tidak berpindah ke perusahaan pesaingnya. Salah satunya adalah dengan memberikan penerapan kualitas pelayanan yang baik dan juga perlunya menjaga kepercayaan dari pelanggan yang dapat menjadikan pelanggan loyal dalam melakukan setiap pembelian maka perusahaan harus tetap konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Jaya Sehat Kota Malang untuk mengetahui loyalitas pelanggan yang berdasarakan kualitas pelayanan yang diberikan dan kepercayaan pada Apotek Jaya Sehat Kota Malang. Variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan, kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian obat di Apotek Jaya Sehat Kota Malang dan jumlah sampel dengan menggunakan perhitungan rumus daniel dan terrel diperoleh sampel sejumlah 152 pelanggan dengan tenik pengambilan sampel infinite popolation. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Skala yang digunakan yaitu skala Likert. Alternatif jawaban adalah sangat setuju (5); setuju (4); cukup setuju (3); tidak setuju (2); dan sangat tidak setuju (1). Jenis skala data dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Jalur (Path Analysis), Uji Hipotesis, Uji Sobel. Hasil dari penelitian ini Kualitas pelayanan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kepercayaan pada apotek Jaya Sehat Malang, Kualitas pelayanan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan apotek Jaya Sehat Malang, Kepercayaan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di apotek Jaya Sehat Malang, Kualitas iv pelayanan berpengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan pada apotek Jaya Sehat Malang. Dalam penelitian ini variabel Kepercayaan secara dominan dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Jaya Sehat Malang. Penulis menyarankan agar Apotek Jaya Sehat Malang untuk dapat mempertahankan kepercayaan yang sudah terbangun pada pelanggan dan juga meningkatkan Kualitas pelayanan sehingga nantinya akan menjadikan pelanggan yang loyal dan tidak membuat pelanggan untuk beralih dalam melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32252

Actions (login required)

View Item View Item