Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan yang listing di BEI tahun 2014-2016 / Greciana Mukti Suwandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan yang listing di BEI tahun 2014-2016 / Greciana Mukti Suwandi

Suwandi, Greciana Mukti (2018) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan yang listing di BEI tahun 2014-2016 / Greciana Mukti Suwandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Suwandi G. M. 2018. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di BEI Tahun 2014-2016. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Kata Kunci Profitabilitas Nilai Perusahaan Corporate Social Responsibility Persaingan yang semakin ketat dalam industri pertambangan mengharuskan perusahaan-perusahaan tersebut untuk lebih memperbaiki kinerja keuangannya. Kinerja keuangan yang baik dapat diketahui dari penilaian pasar melalu investasi yang akan mempengaruhi nilai perusahaan tersebut. Nilai Perusahaan merupakan cerminan penilaian pasar terhadap suatu perusahaan. Nilai perusahaan dapat diukur dengan Tobins Q menjadi salah satu bukti baiknya penilaian pasar terhadap perusahaan dengan memiliki nilai Q tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi variabel penelitian serta untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 42 perusahaan pertambangan yang list di BEI periode 2014-2016. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 28 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan 2) Profitabilitas berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility 3) Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan 4) Corporate Social Responsibility tidak dapat memediasi pengaruh antara Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan faktor lain yang dapat mendorong perusahaan untuk melakukan tanggung jawab sosial perusahaan. ii ABSTRACT Suwandi G. M. 2018. The Effect of Profitability on Firm Values with Corporate Social Responsibility as Intervening Variable in Mining Companies Listed on BEI Year 2014-2016. Thesis Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Keywords Profitability Corporate Value Corporate Social Responsibility Increasing competition in the mining industry requires companies to better improve their financial performance. Good financial performance can be known from market valuations through investments that will affect the value of the company. Firm value is a reflection of market valuation of a company. Firm value can be measured by Tobins Q to be one good evidence of market valuation of a company with a high Q value. The purpose of this study to describe the condition of research variables as well as to determine the effect of profitability on firm value with corporate social responsibility as intervening variable. This research is a quantitative research using secondary data. The population in this study are 42 mining companies that list in BEI period 2014-2016. The sample selection using purposive sampling and obtained sample of 28 companies. Data analysis technique used is path analysis. The results of this study indicate that 1) Profitability affects Firm Value 2) Profitability affects Corporate Social Responsibility 3) Corporate Social Responsibility has no effect on Firm Value 4) Corporate Social Responsibility can not mediate influence between Profitability to Firm Value. Based on the results of data analysis for the next researcher is suggested to add other factors that can encourage companies to perform corporate social responsibility.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32249

Actions (login required)

View Item View Item