Sabir, Adilah (2024) Proses kognitif pertanyaan guru dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Nasional Malang / Adilah Sabir</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pertanyaan dalam interaksi sosial menjadi kunci untuk membangun komunikasi yang efektif tidak hanya digunakan untuk mengungkapkan rasa ingin tahu atau memperjelas maksud percakapan tetapi juga dapat memperkuat hubungan sosial. Dalam konteks pembelajaran pertanyaan guru berperan penting dalam merekonstruksi pengetahuan siswa sehingga mereka dapat mencapai pemahaman yang lebih baik dan memperoleh keterampilan yang lebih kuat. Namun pemberian pertanyaan yang memiliki dampak positif tidak menjadi hal yang mudah dan tidak dapat terjadi secara otomatis. Oleh karena itu guru sebagai fasilitator komunikasi perlu meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajukan pertanyaan melalui perencanaan yang baik dan latihan yang terstruktur. Melalui pertanyaan yang berkualitas guru dapat merangsang siswa untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam merekonstruksi pengetahuan dalam memecahkan masalah dan menghubungkan ide-ide secara logis yang pada akhirnya akan meningkatkan minat dan semangat belajar siswa. Dengan demikian pertanyaan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dapat menjadi instrumen yang efektif dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pertanyaan tingkat kognitif pertanyaan dan fungsi pertanyaan yang digunakan guru terhadap siswa dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian adalah tuturan pertanyaan yang diajukan guru secara verbal yang kemudian ditranskripsi ke dalam bentuk tulisan. Guru yang dipilih sebagai subjek dalam penelitian adalah dua guru Bahasa Indonesia SMK Nasional Malang. Sumber data penelitian ini adalah wacana interaksi kelas. Dalam proses pengumpulan data peneliti sebagai instrumen inti yang melengkapi diri dengan alat bantu dalam proses penelitian berupa panduan observasi alat perekam elektronik dan panduan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi perekaman dan wawancara. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian mengenai bentuk pertanyaan guru ditemukan sebanyak tiga bentuk. Pertama pertanyaan prosedural adalah pertanyaan yang berkaitan dengan pengaturan kelas. Kedua pertanyaan konvergen adalah pertanyaan yang membuat siswa memberikan jawaban secara singkat. Ketiga pertanyaan divergen adalah pertanyaan yang mendorong siswa memberikan jawaban secara jelas dan mendalam. Pertanyaan divergen sebagai pertanyaan yang dominan digunakan guru sedangkan pertanyaan konvergen menjadi bentuk pertanyaan yang paling minim digunakan oleh guru dalam interaksi pembelajaran. Model pertanyaan konvergen yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) pertanyaan ya/tidak (2) pertanyaan dengan jawaban alternatif (3) pertanyaan dengan intonasi dan (4) pertanyaan retoris. Pertanyaan divergen yang ditemukan dalam penelitian ini berupa pertanyaan perihal dengan penanda kata lsquo apa rsquo lsquo siapa rsquo lsquo berapa rsquo lsquo di mana rsquo lsquo mengapa/kenapa rsquo lsquo mana rsquo dan lsquo bagaimana rsquo . Hasil penelitian mengenai tingkat kognitif pertanyaan guru ditemukan sebanyak enam tingkatan. Pertama pertanyaan tingkat ingatan adalah pertanyaan yang difokuskan untuk memastikan siswa dapat mengingat secara faktual materi yang telah mereka pelajari. Kedua pertanyaan tingkat pemahaman adalah pertanyaan yang difokuskan pada kemampuan siswa untuk memahami suatu konsep pembelajaran dengan lebih dalam. Ketiga pertanyaan tingkat aplikasi adalah pertanyaan yang difokuskan untuk membantu siswa menerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks praktis. Keempat pertanyaan tingkat analisis adalah pertanyaan yang difokuskan untuk membantu siswa mengenali sesuatu berdasarkan pengetahuan yang telah mereka pelajari kemudian menggabungkannya dengan pengetahuan lainnya untuk memahami hubungan dan pola yang lebih besar. Kelima pertanyaan tingkat evaluasi adalah pertanyaan yang difokuskan untuk untuk menguji pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Keenam pertanyaan tingkat kreasi adalah pertanyaan yang difokuskan untuk mengembangkan ide-ide baru siswa yang tidak terbatas oleh pemahaman konsep yang telah mereka pelajari sebelumnya. Penelitian ini menunjukkan tingkat kognitif pertanyaan guru didominasi oleh pertanyaan tingkat ingatan sedangkan pertanyaan dengan tingkat kreasi sangat minim digunakan dalam proses pembelajaran. Model yang ditemukan dalam kognitif ingatan yaitu mengemukakan informasi dan mengenali. Model yang ditemukan dalam kognitif pemahaman yaitu menafsirkan mencontohkan mengklasifikasikan merangkum menyimpulkan membandingkan dan menjelaskan. Model yang ditemukan dalam kognitif aplikasi yaitu mengeksekusi dan mengimplementasikan. Model yang ditemukan dalam kognitif analisis yaitu membedakan mengorganisasi dan mengatribusikan. Model yang ditemukan dalam kognitif evaluasi yaitu memeriksa dan mengkritik. Model yang ditemukan dalam kognitif kreasi yaitu merumuskan merencanakan dan memproduksi. Hasil penelitian mengenai fungsi pertanyaan guru ditemukan sebanyak sebelas fungsi yaitu (1) manajemen kelas (2) elisitasi faktual (3) isyarat elisitasi (4) membangun konten (5) membangun pemikiran (6) merekap (7) mempraktikkan keterampilan (8) memeriksa pengetahuan (9) mengembangkan kosakata (10) memeriksa pemahaman dan (11) mengembangkan refleksi. Penelitian ini menunjukkan pertanyaan guru dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia sebagian besar menggunakan pertanyaan yang memiliki fungsi memeriksa pemahaman. Dalam konteks pembelajaran fungsi pertanyaan yang digunakan oleh guru disesuaikan dengan konteks kondisi topik yang dibahas dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |