Nurprihardianti, Viga Eka Putri (2024) Pengembangan bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan kearifan lokal Bondowoso / Viga Eka Putri Nurprihardianti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar memiliki peran yang sangat krusial dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif menarik dan mendukung perkembangan peserta didik secara optimal. Jika tujuan yang diinginkan dapat dipandu dengan baik melalui materi yang ada dalam bahan ajar maka pencapaian hasil belajar yang baik dapat terwujud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis cerita fantasi. Bahan ajar yang dihasilkan mengintegrasikan kearifan lokal daerah Bondowoso. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan menulis bermuatan kearifan lokal Bondowoso adalah model pengembangan ADDIE. Data dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri atas dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa data deskriptif dan reflektif dari hasil saran kritik serta masukan dari tim validasi produk yang ditulis oleh subjek uji pada lembar angket. Sedangkan data kuantitatif dalam penelitian dan pengembangan diperoleh dari angket yang telah diisi oleh tim validator guru dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan ini terbagi atas pedoman wawancara dan angket Uji kelayakan dilakukan oleh ahli guru dan peserta didik. Terdapat empat aspek yang diujikan yaitu iisi bahan ajar bahasa bahan ajar dan tanpilan bahan ajar. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang diperoleh diketahui bahwa skor angket kelayakan isi bahan ajar secara keseluruhan yang didapatkan mencapai presentase 80%. Hasil uji kelayakan bahasa yang telah dilakukan oleh para tim validator didapatkan skor keseluruhan angket mencapai presentase 80%. Hasil uji kelayakan tampilan bahan ajar yang didapatkan secara keseluruhan mencapai 87 5%. Dari ketiga aspek yang menjadi fokus penilaian bahan ajar tersebut rata-rata skor yang didapatkan adalah 82 3%. Angka tersebut menunjukkan bahwa produk bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan keaarifan lokal Bondowoso layak untuk diimplementasikan. Bahan ajar ini hadir dengan tiga kebaruan yakni bahan ajar menulis cerita fantasi dengan mengintegrasikan kearifan lokal daerah Bondowoso memuat beragam sumber belajar dan mendorong siswa untuk menghasilkan cerita fantasi yang unik dengan keterbaharuan ide. Namun bahan ajar ini kurang cocok untuk diterapkan di luar daerah Bondowoso karena keterbatasan kearifan lokal yang diintegrasikan didalamnya adalah kearifan lokal Bondowoso. Bahan ajar ini termasuk bahan ajar cetak. Bahan ajar cetak cenderung bersifat statis sehingga sulit untuk disesuaikan dengan kebutuhan individu atau kelompok tertentu . Setelah dilakukan pengembangan dan menghasilkan sebuah bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan kearifan lokal Bondowoso disarankan untuk guru menggunakan hasil pengembangan dan penelitian ini sebagai pedoman guru dalam mengajarakan kompetensi menulsi cerita fantasi untuk siswaa kelas VII SMP terutama yang berada di kabupaten Bondowoso. Saran untuk siswa adalah dapat menggunakan hasil pengemabnagan dan penelitian ini sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam mengasah kemampuan menulis cerita fantasi. Selanjutnya saran untuk peneliti lain agar penelyian dan pengembangan ini dapat dijadikan sebagai rujukan maupun sumber data bagi penelitian selanjutnya yang relevan baik dari segi penelitian maupun subjek penelitian yang akan digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322416 |
Actions (login required)
View Item |