Anggraini, Lila Anggraini (2023) Kemampuan menulis pengalaman pribadi dan kemampuan menulis karangan narasi siswa Kelas v SD Muhammadiyah 03 Tumpang / Lila Anggraini</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menulis pengalaman pribadi merupakan menulis pengalaman yang terjadi pada diri penulis. Menulis pengalaman pribadi memiliki ciri khas dalam penulisannya. Salah satunya adalah ciri otentik artinya tulisan tersebut asli terjadi dan tidak dibuat-buat. Pengalaman pribadi bisa muncul dari pengalaman pribadi yang menyenangkan menegangkan bahkan menyedihkan. Keterampilan menulis pengalaman pribadi di sekolah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan dimulai dari ide mereka yang lekat dengan siswa. Menulis narasi adalah menulis yang menceritakan proses kejadian suatu peristiwa. Menulis pengalaman pribadi dan menulis karangan narasi tentu tidak terlepas dari penguasaan unsur kebahasaan. Unsur kebahasaan memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan menulis. Pada kurikulum Bahasa Indonesia kelas V SD kompetensi (3.8) Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi dan kompetensi (4.8) Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi menjadi salah satu alasan penelitian dilakukan untuk melatih kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional untuk menemukan (1) korelasi positif antara menulis pengalaman pribadi dengan menulis karangan narasi (2) korelasi positif menulis pengalaman pribadi dengan unsur kebahasaan dan (3) korelasi positif menulis karangan narasi dengan unsur kebahasaan. Hasilnya dari jumlah 37 siswa ditemukan (1) ada hubungan positif dan signifikan antara antara skor kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan skor kemampuan menulis karangan narasi siswa siswa kelas V SD Muhammadiyah 03 Tumpang dengan koefisien 0 507 (p 0 00) (2) ada hubungan positif dan signifikan antara antara skor kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan skor kemampuan penguasaan kebahasaan siswa kelas V SD Muhammadiyah 03 Tumpang dengan koefisien 0 482 (p 0 00) dan (3) tidak ada hubungan positif dan signifikan antara antara skor kemampuan menulis karangan narasi dengan skor kemampuan penguasaan kebahasaan siswa kelas V SD Muhammadiyah 03 Tumpang dengan koefisien -0 026 (p 0 00). Dengan demikian ada dua hipotesis yang diterima dan satu hipotesis yang ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322414 |
Actions (login required)
View Item |