Pengembangan bahan ajar menulis kritis teks eksposisi bermuatan assessment as learning siswa Kelas viii SMPTN 2 Ngancar / Yulis Mariasih</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis kritis teks eksposisi bermuatan assessment as learning siswa Kelas viii SMPTN 2 Ngancar / Yulis Mariasih</p>

Mariasih, Yulis (2023) Pengembangan bahan ajar menulis kritis teks eksposisi bermuatan assessment as learning siswa Kelas viii SMPTN 2 Ngancar / Yulis Mariasih</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis teks ekposisi kritis untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Ngancar. Bahan ajar yang dikembangkan memberikan inovasi berupa penerapan jenis penilaian mandiri beberapa Assessmen as Learning. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti telah diperoleh data berupa bahan ajar yang digunakan oleh siswa sebagai bahan ajar menulis teks eksposisi perlu divariasikan dengan kemampuan menulis kritis dan penilaian Assessmen as Learning Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) penetapan (2) perencanaan (3) pengembangan dan (4) penyebarluasan. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar menulis teks eksposisi kritis yang terbagi dalam tiga unit pembelajaran. Unit pertama berisi materi dan kegiatan penyusunan ide dan kerangka teks eksposisi unit ke-2 berisi pengembangan peta konsep kebentuk tulisan eksposisi sesuai dengan kaidah bahasa dan struktur teks eksposisi unit ke-3 berisi kegiatan menyunting teks eksposisi. Terdapat empat pengembangan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Pertama pengembangan isi produk dengan membagi bahan ajar menjadi tiga unit melalui kegiatan membaca menulis dan menyunting. Kedua pengembangan struktur produk terdiri dari struktur awal dan struktur inti bahan ajar . ketiga pengembangan kebahasaan yang ditandai dengan penggunaan berbagai jenis kalimat. Keempat pengembangan tampilan produk yang ditandai penggunakan ilustrasi yang terdapat pada bahan ajar. Pengembangan assesmen as learning pada bahan ajar ini terdapat pada latihan yang terdapat pada setiap unit bahan ajar. Assessment as learning pada unit satu yaitu berpa ceklis kegitan yang harus dilakukan untuk memcahkan masalah pada bacaan unit satu. Assessment as learning pada unit dua terdapat pada penilaian kelengkapan peta konsep. Assessment pada unit tiga terdapat pada ceklis kegiatan yang telah dilakukan dan keputusan untuk mengulang atau melanjutkan materi. Uji validasi bahan ajar melibatkan tiga validator ahli dan satu validator praktisi guru Bahasa Indonesia. Uji produk bahan ajar ini melibatkan 33 peserta didik kelas 8D di SMPN 2 Ngancar. Uji efektifitas bahan ajar dilakukan dengan membandingkan hasil uji sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar yang dikembangkan. Dari kegiatan uji validasi dan uji produk diperoleh dua data. Pertama data numeral berisi hasil kuantifikasi lembar validasi dan lembar uji produk sebagai pedoman interpretasi kelayakan produk. Kedua data verbal berisi komentar atau saran-saran dari validator dan subjek uji produk sebagai acuan merivisi bahan ajar. Pada uji efektifitas diperoleh data kuantitatif. Kegiatan uji validasi bahan ajar menghasilkan persentase kelayakan sebesar 90%. Persentase tersebut diperoleh dari rata-rata penilaian masing-masing aspek yakni (1) kelayakan isi 88% (2) kelayakan penyajian 92% dan (3) kelayakan bahasa 90%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kualifikasi sangat layak dan siap untuk diimplementasikan. Kegiatan uji produk menghasilkan persentase kelayakan sebesar 87%. Persentase tersebut diperoleh dari rata-rata penilaian masing-masing aspek yakni (1) peyajian bahan ajar 93% (2) subtansi bahan ajar 89% (3) kebahasaan bahan ajar 89% dan (4) kegrafikan bahan ajar 91%. Hasil uji efektifitas bahan ajar diperoleh data uji normalitas 0 172 untuk skor pretes dan 0 152 untuk skor postest. Hal ini menunjukkan kedua data tersebut terdistribusi normal. Uji kedua yaitu uji beda dengan skor 0 000 hal ini menunjukkan ada perubahan signifikan dari skor prestes dan pos test. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahan ajar menulis teks eksposisi dengan penerapan Assesment as Learning layak untuk dijadikan pendamping bahan ajar yang telah ada dalam proses pembelajaran menulis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322408

Actions (login required)

View Item View Item