Amalia, Rina Rizki Amalia (2023) Pengembangan bahan ajar menulis bermuatan lingkungan bagi pelajar bipa tingkat madya tinggi / Rina Rizki Amalia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat pelajar BIPA maka perlu disediakan bahan ajar yang beragam dan memadai sesuai dengan tujuan pelajar. Pengembangan bahan ajar juga perlu memperhatikan tingkat kemahiran berbahasa pelajar. Kemahiran berbahasa juga tidak terlepas dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai pelajar salah satunya adalah keterampilan menulis. Kemampuan pelajar dalam menulis sebagai bentuk komunikasi tidak langsung perlu ditingkatkan sehingga hasil pemikiran pelajar dapat diungkapkan dengan baik ke dalam tulisan dan dapat dipahami oleh pembaca. Pada tingkat madya pelajar BIPA mampu mengungkapkan gagasan dengan lancar dalam bahasa Indonesia sehingga mitra tutur dapat memahaminya. Namun berbeda dengan situasi sebenarnya pelajar BIPA masih mengalami kesulitan untuk mengungkapkan pikiran mereka dan menuliskannya. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar untuk memudahkan pelajar BIPA menulis dengan baik dan runtut. Adapun bahan ajar yang dikembangkan berupa bahan ajar menulis bermuatan konteks lingkungan bagi pelajar BIPA tingkat madya tinggi. Adanya bahan ajar ini dapat membantu pelajar mengaitkan materi dengan kehidupan nyata di lingkungan pelajar sehingga dapat mendorong pelajar memahami materi dengan lebih mudah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar menulis bermuatan lingkungan bagi pelajar BIPA tingkat madya tinggi. Model penelitian ini diadaptasi dari model 4D Thiagarajan dengan tahapan yang disesuaikan yaitu penetapan perencanaan pengembangan dan penyebaran. Tahap penetapan meliputi telaah kurikulum dan bahan ajar BIPA serta telaah kebutuhan pelajar. Tahap perencaaan melalui perumusan materi sesuai dengan kemahiran berbahasa pelajar tingkat madya tinggi pada pedoman ACTFL. Tahap pengembangan dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar dan diuji validasi kepada validator ahli dan praktisi guna memperoleh nilai kelayakan bahan ajar hingga bahan ajar layak untuk digunakan. Pada tahap terakhir yaitu tahap penyebaran. Pada tahap ini dilakukan dengan mempublikasikan laporan hasil penelitian pada jurnal terakreditasi dan penggandaan bahan ajar bila diperlukan oleh instansi BIPA. Hasil produk yang dikembangkan berupa bahan ajar menulis yang terdiri atas empat unit yaitu 1) menikmati keindahan alam 2) menikmati kuliner Indonesia 3) berlibur ke tempat wisata dan 4) belajar kesenian tradisional Indonesia. Dalam isi bahan ajar tersebut terdapat tahapan menulis dan fungsi bahasa yang disesuaikan dengan tingkat kemahiran pelajar. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli dan praktisi pada aspek kelayakan isi diperoleh persentase rata-rata sebesar 81 25% pada aspek kelayakan penyajian diperoleh persentase rata-rata sebesar 83 3% pada aspek kelayakan bahasa diperoleh persentase rata-rata sebesar 75% dan pada aspek kelayakan tampilan diperoleh persentase rata-rata sebesar 81 06%. Dari keseluruan total hasil validasi bahan ajar dapat dinyatakan layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan uji coba lapangan dari hasil respon pelajar BIPA pada aspek daya serap materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 85% pada aspek kelengkapan bahan ajar diperoleh persentase rata-rata sebesar 84 37% pada aspek kelayakan daya tarik bahan ajar diperoleh persentase rata-rata sebesar 87 5% dan pada aspek kebermanfaatan bahan ajar diperoleh persentase rata-rata sebesar 79%. Dari keseluruan total hasil penilaian dari respon pelajar dapat dinyatakan bahwa bahan ajar layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322402 |
Actions (login required)
View Item |