Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan strategi multimodal berbasis LMS untuk siswa SMA Kelas x / Sajidah Nur</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan strategi multimodal berbasis LMS untuk siswa SMA Kelas x / Sajidah Nur</p>

Nur, Sajidah (2023) Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan strategi multimodal berbasis LMS untuk siswa SMA Kelas x / Sajidah Nur</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu pembelajaran yang membutuhkan bahan ajar berbasis LMS adalah pembelajaran menulis teks eksposisi. Bahan ajar itu dibutuhkan untuk mendorong siswa agar mampu menulis argumen. Di sisi lain penelitian integrasi strategi multimodal telah banyak dilakukan. Integrasi strategi ini dapat mendorong siswa untuk menulis argumen. Oleh sebab itu perlu dikembangkan bahan ajar untuk materi menulis teks eksposisi dengan strategi multimodal berbasis LMS. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berwujud bahan ajar dalam bentuk LMS untuk materi menulis teks eksposisi dengan strategi multimodal untuk siswa SMA kelas X. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan tiga teori yaitu teori susunan bahan ajar digital untuk menulis teori teks eksposisi dan teori strategi multimodal. Bahan ajar digital untuk menulis meliputi petunjuk belajar kompetensi yang akan dicapai materi berupa model contoh teks yang akan ditulis stimulus untuk menulis latihan-latihan untuk menulis penugasan menulis (Hyland 2019 Kosasih 2022 Tomlinson 2012). Bahan ajar digital ini dikemas dalam bentuk LMS Moodle yang dapat menyediakan beragam fitur. Bahan ajar ini dinilai kelayakannya berdasarkan aspek isi struktur bahasa dan pengemasan beserta tampilan yang disesuaikan dengan karakteristik bahan ajar sebagai buku pendidikan (Permendikbud No. 8 2016). Tahapan dan latihan menulis dalam bahan ajar digital ini disesuaikan dengan karakteristik teks eksposisi yang memuat judul tesis argumen dan penutup (Anderson amp Anderson 1997 Priyatni 2017). Untuk menunjang pembelajaran yang termuat dalam bahan ajar ini diintegrasikan strategi multimodal yang memahami komunikasi dapat hadir dalam berbagai bentuk komunikasi seperti gambar dan teks sehingga siswa menghasilkan teks multimodal (Danielsson amp Selander 2021 Jewitt 2009). Metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dimanfaatkan untuk mencapai tujuan ini. Model R amp D yang digunakan adalah ADDIE. Pada tahap analisis dilakukan identifikasi kesenjangan dalam pembelajaran penentuan materi bahan ajar identifikasi dan penentuan sumber daya yang dibutuhkan. Pada tahap desain dilakukan pengumpulan materi pengolahan materi dan penyusunan struktur bahan ajar dan pemilihan media sebagai wadah bahan ajar. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan LMS Moodle pengisian materi ke dalam LMS Moodle penyusunan petunjuk penggunaan untuk siswa dan guru dan pembuatan akun untuk siswa dan guru validasi bahan ajar dan revisi bahan ajar. Pada tahap implementasi dilakukan pelaksanaan pembelajaran dengan bahan ajar yang telah divalidasi dan pengumpulan respons pengguna terhadap bahan ajar. Pada tahap evaluasi dilakukan penentuan aspek penilaian penentuan alat penilaian dan penilaian. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan strategi multimodal. Bahan ajar ini memuat unit materi menulis teks eksposisi berbentuk esai disertai gambar dengan isu lingkungan menulis teks eksposisi berbentuk infografik dengan isu teknologi menulis teks eksposisi berbentuk seamless carousel dengan isu sosial. Pada setiap unit terdapat kegiatan menganalisis isu mengumpulkan fakta menulis tesis menulis argumen menulis penutup dengan rekomendasi dan mengemas teks eksposisi menjadi teks multimodal. Berdasarkan validasi bahan ajar ini tergolong layak. Berdasarkan uji produk bahan ajar ini direspons positif oleh siswa. Kedua hal tersebut mengimplikasikan bahwa bahan ajar ini dapat dimanfaatkan. Produk ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru di dalam pembelajaran menulis teks berjenis eksposisi dan menulis teks multimodal. Berdasarkan penelitian dan pengembangan ini disimpulkan bahwa bahan ajar ini dapat menunjang pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal ini disebabkan bahan ajar relevan dengan karakteristik siswa digital native memuat beragam sumber belajar mendorong siswa untuk menghasilkan teks eksposisi yang multimodal dan dikemas dalam bentuk LMS yang praktis dan menarik. Berdasarkan kajian produk ini diperlukan penelitian lebih lanjut tentang proses siswa dalam menulis teks multimodal tanpa intervensi cara guru dalam menilai teks eksposisi multimodal yang dibuat oleh siswa dan kompleksitas teks multimodal yang dapat dikonstruksi oleh siswa pada tingkatan dasar menengah dan atas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322397

Actions (login required)

View Item View Item