Hidayati, Cahyaning Rohmatul (2022) Hubungan perilaku baca wacana ilmiah dengan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa jurusan sastra Indonesia Universitas Negeri Malang / Cahyaning Rohmatul Hidayati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mahasiswa dituntut memiliki perilaku yang baik agar dapat menunjang proses pengembangan dirinya salah satunya perilaku baca. Perilaku baca dapat dibentuk melalui kebiasaan membaca baik secara literal kritis ataupun kreatif. Semakin tinggi intensitas kebiasaan membacanya maka akan semakin banyak pengetahuan serta informasi dari suatu bahan bacaan yang diperoleh. Hal inilah yang menjadikan perilaku baca penting dimiliki oleh mahasiswa untuk mendukung kegiatan akademisnya. Salah satu kegiatan akademis mahasiswa adalah menyusun deskripsi saintifik dari hasil suatu kajian. Dalam menyiapkan karya tulis ilmiah membaca merupakan sarana untuk memperoleh inspirasi untuk memperoleh data primer atau data sekunder untuk memperoleh rujukan atas permasalahan yang sedang dikaji untuk menganalisis hasil temuan serta untuk memperoleh dukungan hasil temuan yang akan diperkuat dengan argumentasi penulis. Agar mampu menuangkan gagasan secara tertulis mahasiswa perlu memiliki kemampuan menulis yang baik khususnya kemampuan menulis terkait dengan peran akademis mereka sebagai seorang peneliti. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui hubungan antara perilaku baca dengan kemampuan menulis mahasiswa. Rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut. (1) Apakah ada hubungan positif yang signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah secara umum dengan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (2) Apakah ada hubungan positif yang signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah secara literal dengan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (3) Apakah ada hubungan positif yang signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah secara kritis dengan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (4) Apakah ada hubungan positif yang signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah secara kreatif dengan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian campur sari (mixed method). Pada tahap pertama dilakukan penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan antarvariabel. Pada tahap kedua dilakukan penelitian kualitatif berdasarkan dari hasil penelitian kuantitatif yang telah dilakukan. Analisis kuantitatif penelitian ini menghasilkan temuan berikut ini. Pertama ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah dengan kemampuan menulis artikel ilmiah. Kedua ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah secara literal dengan kemampuan menulis artikel ilmiah. Ketiga ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah secara kritis dengan kemampuan menulis artikel ilmiah. Keempat ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara perilaku baca wacana ilmiah secara kreatif dengan kemampuan menulis artikel ilmiah. Berdasarkan keempat hasil korelasi dapat disimpulkan bahwa baik perilaku baca wacana ilmiah secara umum ataupun khusus keduanya memiliki hubungan negatif yang tidak signifikan dengan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa. Ketidaksignifikanan terjadi karena nilai kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa tidak konsisten. Sebagian mahasiswa memiliki nilai yang tinggi sebagian lagi memiliki nilai yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku baca mahasiswa tidak dapat menjadi tolak ukur dalam menilai kemampuan menulis artikel ilmiah. Mahasiswa yang rajin membaca atau memiliki kebiasaan membaca yang baik belum tentu memiliki kemampuan menulis artikel ilmiah yang baik begitu juga sebaliknya. Analisis kualitatif penelitian ini menghasilkan temuan berikut ini. Pertama artikel ilmiah menunjukkan membahas topik yang relevan dengan bidang ilmu yang dikuasai. Kedua artikel ilmiah memuat alasan pemilihan topik berupa paparan keinginan untuk menambah wawasan atau kajian bagi calon pembaca. Ketiga penyusunan pernyataan ilmiah telah memuat penggunaan bahasa ragam formal atau resmi disusun berdasarkan sumber yang akurat memuat fakta serta memperhatikan kohesi dan koherensi. Keempat adanya kecenderungan penggunaan kutipan tidak langsung dalam pengolahan rujukan. Kelima artikel ilmiah telah menyajikan informasi dari sumber pustaka yang relevan untuk mendukung data atau temuan. Keenam adanya kecenderungan langsung menyajikan interpretasi hasil pengamatan tanpa memaparkan terlebih dahulu hasil temuannya dengan jelas. Ketujuh artikel ilmiah telah memuat simpulan hasil penelitian dan pembahasan dengan baik namun masih kurang mampu dalam menyajikan saran dari hasil penelitian atau kajiannya. Kedelapan daftar rujukan telah memuat seluruh rujukan yang disajikan dalam artikel dan runtut secara alfabetis. Kesembilan judul yang dimuat singkat padat dan relevan dengan isi artikel. Adapun saran dari peneliti mengenai penelitian ini ditujukan untuk mahasiswa pendidik dan peneliti lain. Bagi mahasiswa hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan untuk mengevaluasi penulisan artikel ilmiah yang telah dihasilkan ataupun yang sedang dikerjakan. Bagi pendidik hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan untuk pengembangan strategi meningkatkan perilaku baca dan strategi meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah pada mahasiswa. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat menjadi bahan referensi untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan perilaku baca khususnya pada perilaku baca secara literal kritis dan kreatif untuk dikaji secara lebih mendalam serta yang berkaitan dengan kemampuan menulis artikel ilmiah pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322395 |
Actions (login required)
View Item |