Annisa, Sofiatul (2023) Penerapan model pembelajaran reflektif plus untuk meningkatkan keterampilan menulis teks proposal pada siswa Kelas xi IPS 1 di SMAN 4 Jember / Sofiatul Annisa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks proposal siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Jember dengan menggunakan model pembelajaran reflektif plus. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Jember diketahui hanya 13 siswa (37%) dari 35 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dalam pembelajaran menulis teks proposal. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran reflektif plus. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) penerapan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks proposal meningkat dari siklus I ke siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 27 siswa (77%) dari 35 siswa sedangkan pada siklus II 35 siswa (100%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran reflektif plus dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks proposal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322390 |
Actions (login required)
View Item |