Relevansi Informasi Prospektus Terhadap Initial Return (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Periode 2000-2016) / Ratna Wahyu Illa Hidayati

Hidayati, Ratna Wahyu Illa (2018) Relevansi Informasi Prospektus Terhadap Initial Return (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Periode 2000-2016) / Ratna Wahyu Illa Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Ratna Wahyu Illa. 2018. Relevansi Informasi Prospektus Terhadap Initial Return (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Periode 2000-2016). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Soesetio, S.E., M.M Kata Kunci: Initial Return, Profitabilitas, DAR, PER, dan Reputasi Underwriter Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan penjualan saham untuk pertama kalinya yang dilakukan oleh perusahaan. Fenomena yang sering terjadi saat IPO adalah underpricing. Fenomena underpricing akan memberikan keuntungan bagi investor berupa Initial Return yang terjadi akibat dari adanya selisih positif harga perdana saham dengan closing price pada hari pertama di pasar sekunder. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi informasi prospektus terhadap Initial Return. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder sebanyak 191 perusahaan sebagai sampel yang diperoleh dari teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua model penelitian dengan menambah satu variabel pada model 2 berupa informasi non keuangan yaitu reputasi underwriter untuk mengetahui apakah variabel tersebut mampu mempengaruhi informasi keuangan yang sudah ada. Hasil penelitian pada model 1 hanya profitabilitas yang berpengaruh negatif signifikan terhadap Initial Return. Sedangkan hasil penelitian pada model 2, profitabilitas dan underwriter berpengaruh negatif signifikan terhadap Initial Return serta kandungan informasi profitabilitas semakin bermakna setelah menambah informasi reputasi underwriter. Saran bagi perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dilihat oleh calon investor. Bagi investor, sebaiknya dalam mengambil keputusan investasinya lebih berhati-hati dan menghindari behavior finance. Sedangkan bagi peneliti, sampel perusahaan dalam penelitian selanjutnya dapat lebih terfokus dengan salah satu sektor usaha saja dan menggunakan reputasi underwriter sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32239

Actions (login required)

View Item View Item