Putra, Alif Nursukma (2023) Pengembangan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot melalui alih wahana video komsit / Alif Nursukma Putra</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kompetensi menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot yang dipandang sederhana menyebabkan kurangnya inovasi pada pembelajaran ini. Salah satu kompetensi yang ada pada kurikulum merdeka adalah menyampaikan kritik sosial dalam bentuk lain atau dapat disebut alih wahana. Mengalihwahanakan sebuah teks anekdot ke bentuk lain akan menunjukan kemampuan siswa memahami unsur struktur dan kaidah teks anekdot itu sendiri. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot melalui alih wahana video komedi situasi (komsit). Untuk mencapai sebuah kompetensi pembelajaran guru memerlukan model pembelajaran. Model pembelajaran membantu pengajar melalui representasi sebuah proses pembelajaran. Teori komponen model pembelajaran yang digunakan adalah komponen model pembelajaran Joyce amp Weil yaitu (1) sintaks (2) sistem sosial (3) prinsip reaksi dan (4) sistem pendukung. Inovasi model pembelajaran dapat dilakukan dengan mengombinasikan berbagai teori dalam pengembangannya. Contohnya dalam penelitian ini adalah apresiasi berbasis proyek sebagai inovasi dalam pembelajaran teks sastra. Model pembelajaran ini akan mengombinasikan aktivitas apresiasi dengan pembelajaran berbasis proyek Aktivitas pembelejaran apresiasi terdiri dari (1) penghayatan (2) ekspresi dan (3) kreas. Selanjutnya pembelajaran berbasis proyek terdiri dari (1) penentuan proyek (2) perancangan penyelesaian proyek (3) penyusunan jadwal (4) penyelesaian dengan fasilitas dan monitoring guru (5) penampilan penilaian dan evaluasi hasil proyek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D Thiagarajan. Tahap penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan yaitu (1) mendefiniskan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial (2) merancang model pembelajaran menyampaikan kritik sosial (3) mengembangkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial (4) menyebarluaskan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial. Teknik analisis data kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Sementara itu teknik analisis data kuantitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari angket penilaian dan hasil uji efektivitas. Hasil penelitian adalah (1) ditemukan kesenjangan pada pembelajaran menyampaikan kritik sosial di sekolah sehingga diperlukan inovasi model pembelajaran (2) dihasilkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial teks anekdot melalui alih wahana video komsit dengan komponen sintaks sistem sosial prinsip reaksi dan sistem pendukung (3) model pembelajaran yang dihasilkan di atas 80% valid praktis dan efektif (4) model pembelajaran telah disebarluaskan terbatas kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah uji coba. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran layak dan dapat diaplikasikan sebagai alternatif pengajaran komptensi menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322377 |
Actions (login required)
View Item |