Windusiyam, Puspita (2022) Berkreasi sebagai strategi penyintas pandemi: studi kasus penulisan naskah drama mahasiswa UM / Puspita Windusiyam</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Puspita Windusiyam. 2022. Berkreasi sebagai Strategi Penyintas Pandemi Studi Kasus Penulisan Naskah Drama Mahasiswa UM. Tesis. Jurusan Sastra Indonesia. Program Pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Taufik Dermawan M.Hum. dan Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci berkreasi pandemi drama monolog Berkerasi menjadi sebuah cara dalam menciptakan sebuah karya. Pada penelitian ini mahasiswa UM membuat sebuah naskah drama dan dipentaskan dengan merekam kemudian publikasi video di youtube.Penelitian ini melihat dari situasi yang dialami oleh mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan tatap muka virtual. Berkreasi dapat dilakukan dalam berbagai situasi hanya saja terkadang ada beberapa hambatan yang dapat memperlambat proses penyelesaiannya. Fokus penelitian ini ada dua yakni (1) Proses penulisan naskah darama monolog mahasiswa UM sebagai penyintas pandemi dan (2) produksi video dari naskah drama monolog mahasiswa UM sebagai penyintas pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan medis. Data yang diperoleh berupa kata kalimat narasi dialog dalam kumpulan naskah drama mahasiswa UM dan kumpulan video drama monolog mahasiswa UM yang dibuat berdasarkan naskah drama monolog. Hal ini mencerminkan bahwa mahasiswa UM. Sumber data berupa proses penulisan naskah drama monolog mahasiswa UM dan video hasil produksi mahasiswa UM berdasarkan naskah drama monolog yang sebelumnya sudah dibuat. Instrumen penelitian ini dibantu dengan tabel pengumpulan data dan tabel analisis data tahapannya sebagai berikut membaca intensif data pengkodean penggolongan penafsian penarikan kesimpulan dan pemeriksaan ulang. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama dengan kegiatan berkreasi mahasiswa UM mampu untuk tetap aktif berkarya dan menciptakan sebuah karya sastra naksh drama monolog. Kedua dengan aktif berkreasi mahasiswa dapat memproduksi sebuah karya sastra berupa video monolog berdasarkan naskah drama yang telah dibuat dapat memberikan dampak positif. Saran dari penelitian ini adalah pada hasil karya sastra mahasiswa dapat lebih dikembangkan lagi sebagai bahan inspirasi dalam proses penelitian serupa atau penelitian pada bidang lainnya. Penelitian ini dapat membuat para pembaca terinspirasi untuk dapat melakukan penelitian yang serupa untuk mengembangkan hasil atau bisa berupa inspirasi untuk berkreasi dalam berbagai situasi. Oleh karena itu dengan penelitian ini pembaca akan dapat dan mengambil pelajaran baik serta nilai-nilai toleransi diri terhadap situasi dan kondisi Indonesia di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322366 |
Actions (login required)
View Item |