Pengembangan bahan ajar menulis cerpen berbantuan assessment as learning siswa Kelas XI / Akmaliatus Saida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis cerpen berbantuan assessment as learning siswa Kelas XI / Akmaliatus Saida</p>

Saida, Akmaliatus (2023) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen berbantuan assessment as learning siswa Kelas XI / Akmaliatus Saida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan menulis cerpen merupakan kemampuan yang sulit dicapai secara maksimal oleh peserta didik. Kerancuan peserta didik dalam proses menulis sastra sering tumpang tindih antara cerpen dan novel. Kasus yang sering terjadi siswa terlalu berekspektasi ketika memikirkan ide dan segala proses strukturnya. Kunci utama dalam proses membuat cerpen ini adalah satu konflik dan satu fokus tokoh yang seringkali kurang diperhatikan oleh peserta didik. Hal ini berpengaruh pada proses menentukan kekuatan yang ada dalam cerpen. oleh karena itu proses pembelajaran dalam menguasai proses pengetahuan dan keterampilan memerlukan bantuan assessment as learning. Assessment as learning yang dipergunakan dalam materi ajar adalah penilaian diri dan penilaian teman sejawat. Fokus penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tiga proses yaitu proses pengembangan bahan ajar dan buku pedoman untuk bahan ajar proses validasi produk proses uji coba hingga proses uji efektivitas produk terhadap hasil uji coba yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan R amp D atau penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE modifikasi yang memiliki tahapan berupa analisis desain development dan evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara angket untuk para validator dan angket untuk siswa. Analisis dilakukan secara kualitatif dari hasil catatan penelitian terdahulu angket validator dan angket siswa sedangkan kuantitatif didapatkan dari hasil uji coba siswa dikelas serta keefektifan produk ajar. Kedua teknik tersebut dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian memaparkan tentang hasil pengembangan yang menghasilkan 2 produk yaitu buku ajar siswa dan buku pedoman guru. Buku ajar siswa terdiri dari 3 unit yang berkaitan dengan KD 3.9 dan 4.9 yang membahas tentang unsur-unsur pembangun cerpen dan proses menulis cerpen. isi dari bahan ajar terdiri dari 3 unit yakni unit pertama berisi tentang pembahasan mengenai kekuatan yang terdapat dalam cerpen. siswa diharapkan mampu menguasai aspek pengetahuan tentang unsur cerpen dari unit pertama ini. Unit kedua berisi tentang proses alih wahana dari biografi pendek ke cerpen dari mencari kekuatan cerpen pada unit pertama. Siswa mampu melanjutkan cerpen yang belum selesai dari proses alih wahana yang telah disampaikan. Unit keempat adalah proses peserta didik dalam menuliskan cerpen secara utuh dari unsur dasar cerpen yakni unsur intrinsik hingga menjadi cerpen yang utuh yang sudah di perhatikan EYD dan bacaan yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Unit 2 dan 3 adalah proses penguasaan peserta didik terhadap aspek keterampilan. Setelah bahan ajar selesai dilakukan uji validasi terhadap produk kepada 5 validator yang yaitu ahli bahan ajar ahli pembelajaran dan para praktisi. Setelah hasil validasi keluar dilakukan proses revisi sesuai dengan catatan validator hingga produk siap untuk diuji cobakan. Hasil uji coba dari masing-masing unit diuji dalam aplikasi uji T yang hasilnya menyiratkan keberhasilan produk dengan nilai yang melebihi nilai standar yang distandarkan. Sehingga produk dapat dikatakan efektif sesuai dengan hasil uji efektivitas yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322365

Actions (login required)

View Item View Item