Sholihah, Risa Yanuarti (2022) Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis web untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis-kreatif siswa Kelas X SMK / Risa Yanuarti Sholihah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis-kreatif yang dibutuhkan oleh siswa dalam mempersiapkan dan menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks dapat diintegrasikan melalui pembelajaran menulis puisi. Menulis puisi sebagai wadah penyampaian gagasan dan imajinasi siswa dapat dioptimalkan dengan pengemasan bahan ajar yang memadai dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa masa kini. Bahan ajar menulis puisi ini dikembangkan dalam bentuk web yang dapat memudahkan siswa dalam mengakses materi dan melakukan praktik menulis puisi kapan pun dan di mana pun melalui perangkat laptop maupun gawai yang terhubung dengan internet. Terdapat beragam fitur dalam bahan ajar web yang dapat menunjang pembelajaran menulis puisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan materi bahan ajar menulis puisi berbasis web untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis-kreatif siswa kelas X SMK yang meliputi hakikat menulis puisi manfaat menulis puisi unsur pembangun puisi contoh puisi dan langkah menulis puisi kritis-kreatif dan (2) mendeskripsikan sajian bahan ajar menulis puisi berbasis web untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis-kreatif siswa kelas X SMK meliputi konten multimedia formulir pengerjaan dan pengunggahan tugas forum komunikasi dan ulasan. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model Recursive Reflective Design and Development Model (R2D2) dengan dua fokus yakni fokus penetapan serta fokus desain dan pengembangan. Kegiatan pada fokus pertama meliputi penentuan tim partisipatif pemecahan masalah berkelanjutan dan pemahaman konteks. Kegiatan pada fokus kedua meliputi pemilihan lingkungan pengembangan pemilihan format media desain dan pengembangan produk serta penentuan strategi evaluasi. Data penelitian ini terdiri atas data kualitatif berupa materi dan sajian bahan ajar serta tanggapan (komentar kritik dan dan saran) dari para ahli dan praktisi dan data kuantitatif berupa skor angket dari para validator dan siswa sebagai subjek uji lapangan. Sumber data penelitian ini meliputi seluruh tim partisipan yakni pembimbing (I dan II) siswa SMK 1 ahli pembelajaran puisi 1 ahli media pembelajaran dan 1 praktisi. Hasil penelitian diuraikan berikut ini. Pertama deskripsi materi bahan ajar yang terdiri atas lima materi berikut ini. Materi hakikat menulis puisi kritis-kreatif berisi pengertian puisi yang diintegrasikan dengan langkah kegiatan berpikir kritis-kreatif. Materi manfaat menulis puisi meliputi meningkatkan keterampilan empatik dan inovasi mengekspresikan perasaan dan bereksperimen dengan kata-kata serta menunjukkan kebenaran dan wawasan. Materi unsur pembangun puisi meliputi uraian tema diksi gaya bahasa imaji/citraan struktur dan perwajahan/tipografi. Materi contoh puisi berisi contoh puisi bertema kerusakan lingkungan karya Taufiq Ismail berjudul Membaca Tanda-Tanda yang mengisahkan keadaan alam dan respons manusia terhadapnya. Materi langkah menulis puisi kritis-kreatif terdiri atas tiga tahapan yakni (1) tahap pramenulis meliputi kegiatan menentukan topik menetapkan tujuan dan membuat kerangka (2) tahap menulis meliputi kegiatan menuangkan ide-ide ke dalam bunyi kata larik dan bait serta mengembangkan isi dan (3) tahap pascamenulis meliputi kegiatan merevisi menyunting dan memublikasikan. Kedua sajian bahan ajar yang terdiri atas empat sajian. Sajian konten multimedia terdiri atas konten artikel dan video yang digunakan sebagai stimulus menulis puisi. Video juga digunakan sebagai tutorial dalam setiap kegiatan menulis puisi. Sajian formulir pengerjaan dan pengunggahan tugas berisi formulir yang digunakan sebagai tempat pengerjaan dan pengunggahan tugas. Sajian forum komunikasi berisi forum yang digunakan sebagai tempat diskusi siswa. Sajian ulasan berisi respons yang digunakan siswa untuk memberikan penilaian berupa peringkat/rating dan reviu terhadap pembelajaran. Produk bahan ajar menulis puisi berbasis web ini disarankan untuk dimanfaatkan guru siswa dan peneliti lain. Disarankan kepada guru agar menerapkan materi ajar dalam menulis puisi berupa kegiatan pramenulis menulis dan pascamenulis sehingga materi ajar menulis puisi disikapi sebagai sebuah proses yang dinamis. Disarankan kepada siswa untuk menerapkan sajian pada fitur-fitur dalam praktik menulis puisi secara mandiri atau masih dalam bimbingan guru. Disarankan kepada peneliti lain untuk menjadikan simpulan sebagai dasar prosedural menulis puisi berbasis web dengan cakupan yang lebih luas misalnya pada teks hikayat dengan proses yang sama tetapi untuk jenis tulisan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322364 |
Actions (login required)
View Item |