Pengembangan bahan ajar menulis cerpen berwawasan gender siswa kelas XI MTS / Lupita Bunga Pertiwi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis cerpen berwawasan gender siswa kelas XI MTS / Lupita Bunga Pertiwi</p>

Pertiwi, Lupita Bunga Pertiwi (2022) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen berwawasan gender siswa kelas XI MTS / Lupita Bunga Pertiwi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar penting digunakan dalam proses pembelajaran karena bahan ajar merupakan salah satu unsur atau komponen dalam pembelajaran. Pembelajaran di sekolah akan lebih sulit tersampaikan jika guru tidak menggunakan bahan ajar sebagai pedoman. Bahan ajar memuat empat keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai yaitu keterampilan membaca menyimak menulis dan berbicara. Keterampilan berbahasa yang dianggap sulit dikuasai oleh sebagian peserta didik yaitu keterampilan menulis terutama dalam menulis cerpen. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya minat menulis cerpen peserta didik. Dalam menulis cerpen terdapat banyak sekali topik yang dapat digunakan salah satunya adalah gender. Wawasan tentang gender ini penting diberikan agar peserta didik paham bahwa perempuan dan laki-laki memiliki perannya masing-masing sebagai manusia. Penelitian pengembangan ini penting dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar menulis cerpen berwawasan gender yang menunjang pembelajaran dan sebagai pendamping bahan ajar yang telah ada. Selain itu bahan ajar yang dikembangkan dapat menjadi sarana dalam menanamkan wawasan gender kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg amp Gall. Pada penelitian ini prosedur penelitian dan pengembangan Borg amp Gall tersebut tidak seluruhnya dilakukan. Berdasarkan keterbatasan waktu dan biaya penelitian ini hanya mengadaptasi menjadi tujuh tahap. Subjek uji coba pengembangan bahan ajr menulis cerpen ini melibatkan tiga subjek yaitu ahli penyusunan bahan ajar ahli pembelajaran menulis ahli gender guru dan peserta didik kelas IX MTs. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dibedakan menjadi dua yaitu tulis dan lisan. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor pada angket yang diisi oleh subjek ahli praktisi dan subjek uji lapangan serta skor tes yang diperoleh dari uji lapangan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan dua instrumen yaitu kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpul data kualitatif berupa pedoman wawancara sedangkan instrumen pengumpul data kuantitatif berupa angket validasi dan uji coba lapangan. Teknik analisis data penelitian dan pengembangan ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang berasal dari data verbal sedagkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk numerik berupa skor penilaian yang terdapat pada angket validasi ahli praktisi dan peserta didik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini yaitu bahan ajar menulis cerpen berwawasan gender untuk siswa MTs kelas IX. Berdasarkan kompetensi yang ingin dicapai bahan ajar tersusun atas (1) teori contoh dan latihan menulis cerpen berwawasan gender (2) wawasan gender (3) langkah- langkah menulis cerpen. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli bahan ajar diperoleh skor 84 69 uji validasi oleh ahli pembelajaran menulis diperoleh skor 76 68 uji validasi oleh ahli gender diperoleh skor 78 57 uji praktisi diperoleh skor 76 67. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan layak implementasi. Rata-rata postest diperoleh 82 63 dengan standar deviasi 5 082 dan rata-rata pretest diperoleh 71 10 dengan standar deviasi 4 278. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan skor peserta didik dalam menulis cerpen setelah menggunakan bahan ajar menulis cerpen berwawasan gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322361

Actions (login required)

View Item View Item