Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan warung lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar / Tya Nurul Azizah

Azizah, Tya Nurul (2018) Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan warung lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar / Tya Nurul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Azizah, Tya Nurul. 2018. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Warung Lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si Kata kunci: Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan Perkembangan bisnis dalam bidang kuliner saat ini tumbuh dengan pesat. Peningkatan bisnis kuliner tak terlepas dari keinginan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya salah satunya adalah Warung Lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik. Salah satu indikator suksesnya suatu restauran adalah dari loyalitas pelanggan yang tinggi. Loyalitas pelanggan yang tinggi menunjukkan kepuasan pelanggan. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian salah satunya adalah persepsi harga dan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi persepsi harga, kualitas pelayanan, dan loyalitas pelanggan pada Warung Lesehan Dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar. Selain itu untuk mengetahui besarnya pengaruh secara parsial dan simultan antara persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Serta untuk mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya antara persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Rancangan penelitian ini adalah eksplanatory. Penelitian ini mempunyai tiga variabel yaitu variabel independen (X1) yaitu persepsi harga dan (X2) yaitu kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependen (Y) adalah loyalitas pelanggan Warung Lesehan Dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Warung Lesehan Dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar yang pernah melakukan transaksi pembelian di Warung Lesehan Dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar minimal tiga kali. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah responden ditentukan sebanyak 152 responden sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Data diperoleh melalui responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket atau kuesioner tertutup dan wawancara serta diukur dengan menggunakan skala likert yang kemudian diubah menjadi data berskala interval menggunakan MSI (Method of Successive Interval). Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui deskripsi kondisi persepsi harga (X1) adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari grand mean skor pada persepsi harga sebesar 3,93. Kondisi untuk kualitas pelayanan (X2) juga baik karena dilihat dari grand mean skornya mencapai 3,87. Kondisi loyalitas pelanggan (Y) Warung Lesehan Dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar adalah tinggi nilainya. Hal ini dibuktikan dari besarnya grand mean skor yang mencapai 3,96. R Square menunjukkan bahwa variabel bebas persepsi harga dan kualitas pelayanan menyumbang sebesar 15,5% terhadap variabel terikat loyalitas iii pelanggan. Persepsi harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Warung Lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar. Hal ini dapat diketahui dari besarnya nilai thitung sebesar 2,068. Sedangkan untuk kualitas pelayanan juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Warung Lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar karena thitung besarnya mencapai 3,864. Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Warung Lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar secara simultan dapat diketahui dari nilai Fhitung sebesar 13,645. Berdasarkan sumbangan efektif, variabel kualitas pelayanan sebagai penyumbang efektif terbesar terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 11%. Penulis menyarankan Warung Lesehan Dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar perlu memperbaiki dan memperhatikan tentang keterjangkauan harga dan kesesuaian harga dengan kualitas produk yang diberikan. Hal ini bertujuan agar pelanggan Warung Lesehan dan Hall Ayam Bakar Bu Mamik Kota Blitar menilai bahwa harga yang diterapkan sesuai dengan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang semakin baik diharapkan manajer dapat mengatur pembagian karyawan sehingga ketika pelanggan membutuhkan bantuan karyawan dengan cepat dan tanggap dapat menanganinya. Bagi peneliti berikutnya dapat mencoba meneliti dengan variabel lainnya yang dimungkinkan mempunyai pengaruh juga terhadap loyalitas pelanggan seperti store atmosphere, agar nantinya hasil penelitian yang diperoleh dapat dijadikan sebagai perbandingan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32236

Actions (login required)

View Item View Item