Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion di E-commerce (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2015 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Audina Rastra Nagara

Nagara, Audina Rastra (2018) Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion di E-commerce (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2015 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Audina Rastra Nagara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nagara, Audina Rastra. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion di E-commerce (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2015 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si. Kata Kunci : kualitas layanan, kepercayaan, harga, loyalitas pelanggan Loyalitas pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis jasa terutama di pasar online seperti e-commerce yang semakin hari kian berkembang. Dalam mewujudkannya, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pellanggan seperti kualitas layanan, kepercayaan, dan harga. Tujuan penelitian: (1) Deskripsi Kualitas Layanan, Kepercayaan, Harga dan Loyalitas Pelanggan e-commerce; (2) Besarnya pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaaan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan produk fashion pada e-commerce secara parsial dan simultan; (3) Variabel yang dominan terhadap Loyalitas Pelanggan produk fashion pada e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan eksplanatory dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu kualitas layanan (X1), kepercayaan (X2), harga (X3) dan variabel terikat adalah loyalitas pelanggan (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas negeri malang yang berjumlah 558 responden. Berdasarkan rumus Slovin maka diperoleh sampel sejumlah 110 responden. Teknik sampling menggunakan teknik propotional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik, yaitu: (1) Uji normalitas; (2) Uji multikolinearitas; (3) Uji heterokesdastisitas. Hasil penelitian analisis dekriptif menujukkan bahwa: (1) kualitas layanan dalam klasifikasi cukup baik; (2) kepercayaan dalam klasifikasi cukup baik; (3) harga dalam klasifikasi cukup baik; dan loyalitas pelanggan dalam klasifikasi cukup baik. Penghitungan uji t diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan dan loyalitas pelanggan; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan dan loyalitas pelanggan; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Perhitungan sumbangan efektif diketahui bahwa kualitas layanan merupakan variabel dominan yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. ii Berdasarkan hasil analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa secara parsial kualitas layanan, kepercayaan, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien Regresi Linier berganda (analisisi regresi linier berganda), diperoleh persamaan regresi Y = 2,369 + 0,272 X1 + 0,184 X2 + 0,262 X3 + 0,632. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,368. Variabel dominan yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah kualitas layanan, yaitu sebesar 17,64%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32229

Actions (login required)

View Item View Item