Novitasari, Azlinda (2023) Pengembangan buku cerita interaktif masa pubertas untuk anak penyandang disabilitas intelektual ringan di sekolah luar biasa / Azlinda Novitasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyandang disabilitas intelektual ringan ialah mereka yang memiliki rentang IQ sebesar 50 sampai 70. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya hambatan pada kecerdasan dan adaptasi sosialnya. Hambatan yang dialami tidak mempengaruhi perkembangan seksual pada anak penyandang disabilitas intelektual. Tahapan perkembangan seksual mereka sama dengan anak reguler lainnya. Dengan adanya masalah dalam kecerdasan mereka membuat pendidikan masa pubertas menjadi sangat penting. Pemberian pendidikan masa pubertas dapat dilakukan oleh guru di sekolah atau juga orang tua di rumah dengan bantuan media penunjang. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah buku cerita interaktif tentang pendidikan masa pubertas untuk anak penyandang disabilitas intelektual ringan yang digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru di SLB. Buku cerita interaktif dikembangkan memenuhi kriteria kemanfaatan kemenarikan kepraktisan dan keefektifan melalui uji ahli dan uji pengguna. Penelitian dan pengembangan buku cerita interaktif ini menggunakan model Borg amp Gall 10 tahap yang telah dimodifikasi menjadi 7 tahap. Modifikasi 7 tahapan ini antara lain (1) Pengumpulan Invormasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Validasi Ahli (5) Revisi Produk I (6) Uji Coba Kelompok Utama dan (7) Revisi Produk 2. Modifikasi ini dilakukan karena beberapa faktor terutama karena adanya pandemi COVID 19 yang menyebabkan terbatasnya mobilitas peneliti. Teknik observasi wawancara angket dan dokumentasi digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis secara kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Pengembangan produk buku cerita interaktif melalui uji kevalidan dan uji coba lapangan. Hasil dari uji kevalidan ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 95 3% sedangkan uji kevalidan dari ahli materi 2 diperoleh persentase sebesar 82 1%. Hasil uji kevalidan ahli media diperoleh persentase sebesar 96 8% ini menunjukkan bahwa secara materi dan desain buku cerita interaktif memiliki kriteria ldquo sangat valid rdquo . Dari hasil angket respon pengguna yang diperoleh saat uji coba lapangan menunjukkan bahwa buku cerita interaktif memperoleh persentase sebesar 90 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa buku cerita interaktif bila dilihat dari aspek kemanfaatan kemenarikan kepraktisan dan keefektifan masuk dalam kriteria ldquo sangat valid rdquo . Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku cerita interaktif masa pubertas ini layak dan efisien digunakan sebagai media pembelajaran tema masa pubertas dalam program khusus untuk peserta didik penyandang disabilitas intelektual ringan di Sekolah Luar Biasa. Diperlukan pengembangan media serupa yang lebih menarik secara desain dengan penggunaan bahasa yang lebih sederhana supaya buku dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik penyandang disabilitas intelektual ringan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |