Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan merek pda Go-Jek (studi pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang angkatan 2014) / Jesyca

Jesyca (2018) Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan merek pda Go-Jek (studi pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang angkatan 2014) / Jesyca. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Jesyca. 2018. Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepercayaan Merek pada GO-JEK (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M. Kata Kunci: citra merek, kepercayaan merek, loyalitas pelanggan, GO-JEK. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dalam industri jasa transportasi online. Pada era digital seperti saat ini, muncul perusahaan-perusahaan dibidang teknologi yang mengembangkan aplikasi untuk efektifitas dan efisiensi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Perusahaan-perusahaan tersebut berkompetisi untuk mencapai loyalitas pelanggan. Secara khusus, penelitian ini membahas tentang salah satu penyedia jasa transportasi online terbesar di Indonesia yang bermerek GO-JEK. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat persepsi pelanggan mengenai citra merek, kepercayaan merek, dan loyalitas terhadap GO-JEK dan pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan merek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan GO-JEK yang merupakan mahasiswa S1 Manajemen Universitas Negeri Malang. Peneliti membagikan kuesioner elektronik kepada 115 responden yang terbagi dalam tujuh kelas/offering. Jumlah responden yang ditetapkan merupakan hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Dengan teknik tersebut, jumlah sampel pada masing-masing kelas/offering diambil secara proporsional. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pelanggan mempersepsikan citra merek GO-JEK adalah baik, pelanggan cukup percaya pada GO-JEK, dan pelanggan juga loyal menggunakan GO-JEK; (2) citra merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepercayaan mere; (3) kepercayaan merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; (4) citra merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (5) citra merek berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan merek. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, terdapat beberapa saran yang ditujukan kepada GO-JEK. Pertama, berkaitan dengan ketetapan tarif untuk setiap transaksinya yang dinilai lebih mahal dari kompetitornya. Perusahaan dapat mengkaji ulang penentuan tarif pada setiap layanannya, agar tarif lebih kompetitif. Kedua, demi menambah variasi layanan yang digunakan oleh mahasiswa dan/ masyarakat pada umumnya, perusahaan dapat menghadirkan inovasi baru. Misalnya layanan percetakan online. Kemudian, demi mengurangi tingkat ketertarikan mahasiswa menggunakan jasa kompetitor, perusahaan dapat mengedukasi mitranya untuk senantiasa memberikan kenyamanan dan keamanan pada pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32228

Actions (login required)

View Item View Item