Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (studi pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen angkatan 2016/2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Paramastri Krissetia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (studi pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen angkatan 2016/2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Paramastri Krissetia

Krissetia, Paramastri (2018) Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (studi pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen angkatan 2016/2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Paramastri Krissetia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Krissetia P. 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2016/2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata Kunci lingkungan keluarga motivasi berwirausaha minat berwirausaha Indonesia merupakan negara berkembang dimana jumlah penduduk di Indonesia tergolong padat penduduk hal yang masih perlu banyak mendapat perhatian adalah sebagian penduduk di Indonesia masih banyak yang mengalami pengangguran. Dalam hal ini lembaga pendidikan harus secara jelas ikut serta membentuk peserta didik mereka untuk menjadi aset bangsa yang berguna. Mengembangkan dan membina potensi pengusaha bahkan ketika masih berstatus mahasiswa dapat menciptakan pengusaha masa depan yang berhasil. Selain mendapat pembelajaran dari Perguruan Tinggi pengaruh dorongan lingkungan keluarga juga dibutuhkan mahasiswa dalam menciptakan minat berwirausaha. Motivasi menjadi seorang wirausaha juga diperlukan dalam diri mahasiswa yang bertujuan untuk memberi dorongan melakukan aktivitas yang mengarah pada pencapaian kebutuhan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Lingkungan Keluarga (X1) dan Motivasi Berwirausaha (X2) dengan variabel terikat adalah Minat Berwirausaha (Y). Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2016/2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan jumlah 282 mahasiswa. Berdasarkan rumus Slovin diperoleh sampel 170 responden. Teknik sampling menggunakan teknik proportionate random sampling. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban yaitu Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Jenis skala dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden dan data sekunder dari buku dan jurnal jurnal yang diambil oleh peneliti yang dapat dijadikan sumber referensi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen yang dilaksanakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan persentase distribusi frekuensi dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Lingkungan Keluarga diklasifikasikan baik (2) Motivasi Berwirausaha diklasifikasikan sangat baik dan (3) Minat Berwirausaha diklasifikasikan sangat baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi dalam penelitian ini memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik titik yang menyebar di sekitar garis dan mengikuti pola garis diagonal pada grafik P P Plot of Regression Standardized Residual (2) Model regresi dalam penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance 61619 0 10 dan nilai VIF 8804 10 (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat dijelaskan bahwa secara parsial lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Nilai R Square sebesar 0 309 berarti 30 9% variabel minat berwirausaha mahasiswa disebabkan oleh variabel lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha dan sisanya sebesar 69 1% disebabkan oleh variabel lain misalnya potensi kepribadian kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi peneliti selanjutnya lebih mengamati variabel lainnya yang ada dalam diri mahasiswa seperti sifat sifat personal sikap kemauan dan kemampuan individu yang dapat memberi kekuatan individu untuk berwirausaha. Sehingga mahasiswa memiliki upaya kreatif dan inovatif dengan mengembangkan ide dan sumber daya untuk menemukan peluang dalam persaingan usaha atau bisnis (2) Bagi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang untuk terus memberikan pelatihan pelatihan kewirausahaan dengan cara mengadakan bazar yang mengikutsertakan mahasiswa dan lebih sering memberikan seminar kewirausahaan kepada mahasiswa agar muncul dorongan berwirausaha dalam diri mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32225

Actions (login required)

View Item View Item