Fatimah, Siti (2024) Penggunaan buku “dongeng bermagi jadikan anak berbakti” berbasis profil pelajar Pancasila (studi kasus di TK Kusuma Bangsa Keben Turi Lamongan) / Siti Fatimah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Fatimah Siti. 2023. Penggunaan Buku ldquo Dongeng Bermagi Jadikan Anak Berbakti rdquo Berbasis Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus di TK Kusuma Bangsa Keben Turi Lamongan) Tesis S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H.Imron Arifin M.Pd (2) Prof. Dr. Adi Atmoko M.Si. M.Pd Kata Kunci Buku Dongeng Profil Pelajar Pancasila Pendidikan Anak Usia Dini Dongeng memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara kognitif afektif maupun emosional. Dongeng merupakan media pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini karena telah menjadi bagian dari tradisi turun temurun bagi orang tua dalam menyampaikan pengetahuan pengalaman dan budaya kepada anak-anak mereka. Diketahui implementasi kurikulum merdeka di TK Kusuma Bangsa mengalami kendala hal ini disebabkan karena kurangnya buku dongeng yang relevan. Guru kesulitan menemukan buku dongeng berbasis profil pelajar Pancasila sehingga adanya buku ldquo Dongeng Bermagi Jadikan Anak Berbakti ini menjadi pilihan yang diharapkan dapat membantu guru mewujudkan generasi penerus bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur Pancasila. Fokus pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan pemaknaan dari buku dongeng ini menurut pendidik dan tenaga pendidik di TK Kusuma Bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan dan pemaknaan penggunaan buku dongeng tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang yakni kepala sekolah dan 2 guru kelas. Prosedur pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan sesuai fokus penelitian. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa penggunaan buku dongeng berbasis profil pelajar Pancasila ini dilakukan melalui penerapan pembiasaan guru bercerita selama 30 menit setiap harinya sebelum pembelajaran dimulai. Kelebihan dari buku dongeng ini yakni memiliki isi cerita berbasis profil Pelajar Pancasila yang dapat dijadikan media pembelajaran pilihan karena setelah diterapkan terbukti dapat memberikan perubahan positif yang nyata. Kekurangan buku dongeng ini antara lain jenis cerita dalam buku dongeng yang seragam dan beberapa cerita dinilai singkat atau kurang mendalam saat menggambarkan situasi dan nilai-nilai Pancasila. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku Dongeng Bermagi Jadikan Anak Berbakti mampu menguatkan profil pelajar Pancasila yakni dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia mandiri bergotong-royong berkebinekaan global bernalar kritis dan kreatif pada anak di TK Kusuma Bangsa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322248 |
Actions (login required)
View Item |