Nurfathiyah, Atika Zain (2024) Penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil 'alamin pada anak usia 4-5 tahun di Ra ulul Albab Jember / Atika Zain Nurfathiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskipsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil lsquo alamin di RA Ulul Albab Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Kegiatan projek ini dilaksanakan pada 06-30 Oktober 2023. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian mengambil subjek guru dan anak didik kelompok A kelas Apel dengan informan kepala sekolah wakil kepala bidang kurikulum dan guru. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil lsquo alamin di RA Ulul Albab Jember mengambil tema besar aku sayang bumi dengan memilih tema yang berfokus pada keadaan lingkungan sekitar sekolah yaitu tanaman sayur hidroponik. Terdiri dari 3 langkah meliputi 1) perencanaan projek terdapat tujuh tahapan yaitu a) diskusi guru b) pengambilan tema projek c) pengambilan alur pembelajaran projek d) pembuatan modul ajar projek e) perwujudan kegiatan projek f) pengadaan sarana prasarana dan g) pelibatan orang tua 2) pelaksanaan projek dalam pelaksanaan projek terdiri dari 3 tahapan yaitu a) tahap permulaan dengan melakukan apresepsei melihat video bersama dan berdiskusi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW serta melakukan outing class untuk Jum rsquo at beramal dan ke kebun hidroponik milik warga sekitar b) tahap pengembangan pada tahap pengembangan memiliki 3 kegiatan yaitu berkreasi tentang menjaga keindahan bumi berkreasi tentang sayur hidroponik dan praktik menanam benih sayur hidroponik. Selama kegiatan projek terdapat kegiatan selingan bermain literasi dan numerasi dengan tujuan untuk lebih mengkonsepkan tentang makhluk hidup di bumi dan menyiapkan anak ke jenjang berikutnya. Pada tahap pengembangan ini juga dilaksanakan kegiatan puncak projek yaitu praktik menanam sayur hidroponik teknik sumbu c) tahap penyimpulan pada tahap ini guru dan anak melakukan refleksi bersama mengenai kegiatan projek yang telah berlangsung 3) evalusi projek dalam evaluasi ada 3 tahapan yaitu a) asesmen kelas menggunakan portofolio untuk menjabarkan dimensi profil pelajar Pancasila dan nilai profil pelajar rahmatan lil lsquo alamin selama kegiatan projek berlangsung b) refleksi antar guru untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan projek berlangsung c) rencana tindak lanjut berupa mengembangkan materi pembelajaran serta pelatihan dan pengembangan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |