Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pelanggan smartphone merek Iphone (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Mohamad Akbar Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pelanggan smartphone merek Iphone (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Mohamad Akbar Kurniawan

Kurniawan, Mohamad Akbar (2018) Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pelanggan smartphone merek Iphone (studi pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Mohamad Akbar Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniawan M. A. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek iPhone (Studi Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci citra merek kualitas produk keputusan pembelian dan smartphone merek iPhone. Di zaman teknologi yang serbacanggihinipersaingansemakinkompetitifdenganadanyaberbagaiperusahaanteknologi yang bersaing di Indonesia khususnyapersainganteknologismartphone. Denganadanyapersainganteknologi yang serbacanggihsaatinipelanggandihadapkandenganberbagaimacampilihansmartphone. Dari banyaknyapilihantersebutpelangganharusmempertimbangkanbanyakfaktoruntukmemutskanpembeliansmartphone mana yang akanmenjadipilihanpelanggan. Dengan adanya variabel citra merek dan kualitas produk pelanggan harus memakai rasionalnya sebelum memutuskan pembelian. Salah satu smartphone yang mempunyai citra merek baik dimata pelanggan adalah iPhone yang mempunyai karakteristik unik berbeda dengan kompetitor. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan variabel citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone (2) seberapa besar pengaruh citra merek dan kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian smartphonemerek iPhone (3) Seberapa besar pengaruh citra merek dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphonemerek iPhone. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 manajemen yang pernah memutuskan pembelian smartphonemerek iPhone yang tidak terhingga jumlahnya (infinite population) karena jumlah pengguna iPhone pada mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang belum tahu jumlahnya. Dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling dan rumus Isaac Michel diperoleh sampel sebesar 136 responden. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisioner tertutup serta menggunakan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian ini adalah (1) Presepsi pelanggan smartphone merek iPhone mengenai citra merek baik dari pada kompetitor kualitas produk dipresepsikan pelanggan setuju dengan kualitas iPhone yang baik dan keputusan pembelian yang dipresepsikan pelanggan tertarik untuk melakukan proses keputusan pembelian untuk membeli smartphone merek iPhone dengan berbagai tipe yang diinginkan (2) Secara parsial kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian (3) Secara simultan citra merek dan kualitas produk berpegaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan yang menarik Secara parsial citra merek tidak berpengaruhdan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian smartphonemerek iPhone karena bagi pelanggan citra merek yang baik tidak berpengaruh untuk mempertimbangkan dalam memutuskan pembelian melainkan pelanggan saat ini lebih mempertimbangkan dari kualitas produk seperti review online saran dari teman harga dan dorongan dalam dirinya sendiri untuk memutuskan membeli smartphone yang diinginkan. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) Citra merek yang dimiliki iPhone sudah baik namun sebaiknya pihak iPhone memberikan citra dan kualitas yang sebanding agar pelanggan tidak kecewa dan pihak Apple dapat bersaing dengan kompetitor (2) Kualitas produk yang dimiliki iPhone sudah baik namun produsen iPhone perlu lebih berinovasi agar dapat terus bersaing di pasar dengan para kompetitor (3) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya lebih berinovasi dalam melakukan penelitian dengan variabel lain antara lain brand trust dan brand loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32224

Actions (login required)

View Item View Item