Mubarroroh, Arini (2024) Pengembangan media pembelajaran fun and happy fonetik untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun / Arini Mubarroroh</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keaksaraan awal merupakan bagian dari aspek perkembangan bahasa. Keaksaraan awal merupakan keterampilan dasar anak sebelum membaca dan menulis. Keaksaraan awal berfokus pada pengenalan huruf vokal huruf konsonan dan kata yang akan membantu anak untuk mencapai tahap membaca. Dalam mengenalkan keaksaraan awal pada anak diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran bahasa anak termasuk kemampuan keaksaraan awal. Media pembelajaran merupakan alat yang dapat dilihat didengar maupun dibaca sebagai perantara untuk memberi pesan atau informasi dari pendidik kepada anak didik untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran fun and happy fonetik dirancang khusus untuk anak usia 4-5 tahun dengan fokus pada pengenalan keaksaraan awal. Pengembangan media pembelajaran fun and happy fonetik untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan dalam proses pengembangann yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Data tinjauan dari para ahli diperoleh dari hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli materi (bahasa) dan data hasil tinjauan uji coba yang dilaksanakan oleh pengguna dan audience (anak usia 4-5 tahun) di RA Perwanida Brawijaya Pamekasan. Analisis merupakan proses dalam melakukan observasi dan wawancara awal pada guru. Proses observasi yang dilakukan yaitu pengamatan kegiatan pembelajaran di kelompok A serta melakukan wawancara kepada guru untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Tahap selanjutnya dalam prosedur pengembangan dari model ADDIE adalah tahap desain. Dalam tahap ini berisis tentang rancangan media pembelajaran fun and happy fonetik untuk menstimulasi keaksaraan awal anak secara terperinci. Tahap selanjutnya yaitu pengembangan tahapan ini merupakan proses pembuatan media pembelajaran fun and happy fonetik yang menggunakan aplikasi canva sehingga menghasilkan produk akhir. Tahap selanjutnya adalah tahap implementasi. Tahapan ini merupakan proses dilakukannya uji coba produk media pembelajaran fun and happy fonetik untuk menstimulasi keaksaraan awal anak. Uji coba dilakukan pada anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 36 anak di RA Perwanida Brawijaya. Data yang didapatkan melalui tahap penerapan ini merupakan data evaluasi dari saran dan masukan untuk perbaikan produk oleh pengguna yaitu guru dan data hasil capaian belajar anak setelah menggunakan media pembelajaran fun and happy fonetik untuk menstimulasi keaksaraan awal anak. Tahap yang terakhir adalah evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi hasil akhir dari penerapan media pembelajaran fun and happy fonetik untuk menstimulasi keaksaraan awal anak yang dikembangkan dengan memperhatikan saran dan masukan perbaikan produk oleh pengguna dan hasil belajar anak. Perbaikan akan dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir dari produk yang telah diuji cobakan sebelumnya. Validasi dari ahli media ahli materi dan penilaian guru menunjukkan bahwa media ini sangat valid dan layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran fun and happy fonetik dari ahli media dengan persentase 86 6% dengan kategori media pembelajaran sangat valid dan layak digunakan untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Ahli materi dengan persentase 88 3% dengan kategori media pembelajaran sangat valid dan layak digunakan untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Dan penilaian pengguna dengan persentase 91 3% dengan kategori media pembelajaran sangat valid dan layak digunakan untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Media ini dirancang untuk memberikan stimulasi pada keaksaraan awal anak melalui berbagai fitur seperti lagu materi belajar dan bermain. Dalam media ini terdapat fokus pada pengenalan huruf vokal huruf konsonan dan belajar membaca tanpa mengeja. Media ini dirancang untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini. Berdasarkan hasil uji coba produk pada kelompok kecil dengan melibatkan 8 orang anak memiliki persentase total 90% dengan aspek kemenarikan 100% aspek keefektifan 75% dan aspek keefisienan 87 5%. Sedangkan pada uji coba kelompok besar dengan melibatkan 36 anak memiliki persentase total 93 61% dengan aspek kemenarikan 95 34% aspek keefektifan 89 67% dan aspek keefisienan 94 32%. Penelitian ini menemukan fakta bahwa kegiatan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran sebagai pengembangan yang telah dilaksanakan dapat menarik perhatian anak didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Anak lebih bersemangat dan sangat mengikuti kegiatan mengenal huruf menggunakan media pembelajaran sehingga dapat berkembang sesuai dengan capaian belajar secara efektif efisien dan menarik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322237 |
Actions (login required)
View Item |