Mukarromah, Fahma Mamlu'atul (2022) Pengelolaan esktrakurikuler drumband dalam pengembangan kecerdasan musikal dan emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Sumberpucung, Kabupaten Malang / Fahma Mamlu\'atul Mukarromah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan anak usia usia dini merupakan lembaga yang memberikan stimulasi sejak dini terhadap kemampuan kognitif fisik motorik sosial emosional seni nilai agama dan moral dan bahasa. Namun selain enam aspek di atas setiap manusia memiliki sembilan kecerdasan bawaan yang masing-masing orang memiliki kecerdasan yang berbeda. Diantara ke sembilan kecerdasan tersebut diantaranya adalah kecerdasan musikal. Kecerdasan musikal merupakan kemampuan dan keterampilan dalam pertunjukan komposisi dan apresiasi terhadap hal-hal yang musikal. Selama ini di dalam pendidikan formal pembelajaran yang dirapkan kepada anak mengasah 80% otak kiri dan 20% otak kanan. Hal ini tentu kurang mendukung anak memiliki bakat dan minat terhadap musik karena mereka lebih banyak menggunakan otak kanan dibanding otak kiri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini terdapat sepuluh subjek penelitian. Sumber data yang ada pada penelitian ini adalah sumber data insani dan non insani. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang ada dalam penelitian ini adalah tematik analisis. Derajat keakuratan dalam penelitian ini dicapai dengan menggunakan metode triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan suatu wadah untuk membantu anak dalam mengenali bakat dan minatnya terutama anak yang memiliki kecerdasan musikal serta menstimulasi anak untuk mampu mengelola kecerdasan emosional berjalan dengan baik. Temuan penelitian adalah (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler drumband tersusun sistematis dan ditulis dalam sebuah buku khusus (2) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drumband adalah setiap hari rabu pada pukul 15.00- 17.00 wib dengan mendatangkan pelatih profesional dan didampingi oleh guru saat pelaksanaan latihan. Latihan dilaksanakan secara bersama dan seksionalis (per bagian) (3) capaian hasil selama melaksanakan ekstrakurikuler drumband adalah munculnya indikator kecerdasan musikal dalam diri anak yaitu keterampilan anak dalam memainkan alat musik kesesuain dengan tempo lagu penyesuaian dengan nada lagu penguasaan ritme lagu mampu bernyanyi pendek mengikuti irama musik serta anak mampu membedakan nada dasar. Capaian selanjutnya adalah anak mampu mengelola kecerdasan emosionalnya sesuai dengan indikator berikut anak mampu menunggu antrian sata pembagian alat anak mengikuti kegiatan hingga selesai bekerja sama tidak berkata kotor atau tidak sopan tidak memukul teman senang bermain alat musik drumband mengcapkan maaf saat salah membina hubungan baik dengan teman disiplin mampu mengambil keputusan tampil percaya diri serta memiliki empati terhadap orang lain evaluasi dilaksanakan setelah kegiatan latihan selesai (4) faktor pendukungnya adalah dukungan orang tua sumber daya yang memadai serta sarana prasarana yang lengkap (5) faktor penghambatnya yaitu jarak tempuh pelatih yang jauh kesehatan anak dan mood anak yang berubah-ubah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |