Purwati, Desy (2022) Implementasi pembentukan karakter berbasis Sekolah ramah anak di Paud Anna Husada Bangkalan / Desy Purwati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah ramah anak telah menjadi perhatian semua pihak karena manfaat yang diperoleh dari program sekolah ramah anak bisa dirasakan oleh semua pihak tidak hanya oleh warga sekolah. Salah satu manfaat yang diperoleh adalah pembentukan karakter anak yang menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini(1) mendeskripsikan pembentukan karakter di PAUD Anna Husada Bangkalan (2)memaparkan implementasi pembentukan karakter berbasis sekolah ramah anak di PAUD Anna Husada Bangkalan (3)menguraikan faktor pendukung dan penghambat sekolah ramah anak di PAUD Anna Husada Bangkalan dan(4) menguraikan pemberdayaan dari faktor pendukung dan solusi dari faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus tunggal yang dilakukan di PAUD Anna Husada Bangkalan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data digunakan model Miles Huberman yang berupa kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan Teknik (1)kepercayaan (credibility) (2) keteralihan (transferabillity) (3) kebergantungan (dependabillity) dan (4) kepastian (confirmabillity). Tahap penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian menyatakan pembentukan karakter di PAUD Anna Husada diuraikan menjadi dua bagian. Bagian pertama pembentukan karakter di PAUD dilakukan dengan menerapkan 9 pilar karakter K4. Pembentukan karakter di rumah dilakukan dengan cara kuisioner karakter dan komunikasi aktif grup orang tua dan pendidik. Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) belum memiliki komitmen tertulis. Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih Hak-Hak Anak belum mendapatkan pelatihan khusus tentang Sekolah Ramah Anak (SRA) namun sudah sering mendapatkan dan mengikuti pelatihan tentang hak-hak anak. Sarana dan prasarana Sekolah Ramah Anak yang terdapat di PAUD Anna Husada sudah terpenuhi rangkaian kelengkapan kecuali bagian keamanan kurang dilengkapi CCTV (Closed Circuit Television). Partisipasi Anak di PAUD Anna Husada berupa pelaksanaan screening pembelajaran saintifik pelibatan dalam stimulasi pembentukan karakter pelibatan kontrol kegiatan dan program PAUD yang disampaikan melalui grup WA atau perwakilan paguyuan jika terjadi permasalahan. Partisipasi Lembaga Masyarakat.Pelibatan dalam kegiatan bakat minat seperti sanggar seni dan pencak silat Pelibatan dalam program pembelajaran CSR (Corporate Social Responsibility) dari dunia usaha bagi kegiatan pembelajaran. Pelibatan kerja sama misalnya rekanan buku atau APE. Partisipai pemangku kepentingan seperti pelibatan dalam kegiatan pembelajaran misalnya dengan beragam instansi seperti kepolisian Partisipasi alumni yaitu partisipasi aktif dalam program PAUD jika dibutuhkan misalnya kegiatan pertemuan rutin atau tahunan. Memberi testimoni dan promosi PAUD pada orang lain. Faktor Pendukung PAUD Anna Husada sebagai sekolah ramah anak yaitu (1) Yayasan yang proaktif dan bekerja sama dengan baik dalam kegiatan dan pemenuhan sarana dan prasarana PAUD (2) Adanya hubungan baik dengan pemangku kepentingan seperti Dinas Pendidikan dan yang lain (3) Orang tua/ wali yang proaktif mendukung setiap program yang dilaksanakan di PAUD. Faktor Penghambat PAUD Anna Husada sebagai sekolah ramah anak adalah (1) Kualitas SDM terutama guru atau pendidik sebagai garda terdepan pembentuk karakter anak usia dini (2) Pemenuhan lahan untuk area outdoor. Pemberdayaan Faktor Pendukung adalah (1) Selalu menjalin hubungan baik dengan Yayasan dengan cara tertib administrasi tertib pembukuan dan tertib pelaporan khususnya keuangan (2) Selalu menjalin komunikasi dan interaksi positif dengan para pemangku kepentingan (3) Melakukan promosi program lembaga melalui berbagai media baik cetak atau elektronik. Elektronik seperti media sosial Facebook Instagram WhatsApp dan youtube. Solusi Faktor Penghambat yaitu (1) Melakukan rekrutmen SDM dengan selektif (2) Melakukan pemenuhan kapasitas SDM seperti mengikutkan pelatihan-pelatihan (3) Melakukan perencanaan keuangan dengan bijak agar bisa menambah area outdoor. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembentukan karakter di PAUD Anna Husada menggunakan pedoman Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) yang kemudian diimplementasikan pada program berbasis sekolah ramah anak dimana komponen kebijakan pelaksanaan pembelajaran pendidik dan tenaga kependidikan sarana prasarana pelibatan anak dan pelibatan orang tua lembaga masyarakat dan pemangku kebijakan sudah dipenuhi walaunpun belum sempurna. Saran bagi pimpinan Yayasan agar terus memperhatikan dan bersinergi dengan lembaga demi kemajuan PAUD Anna Husada. Melengkapi sarana prasarana outdoor juga melengkapi sistem keamanan berupa CCTV misalnya untuk memudahkan pengawasan guru terhadap anak didik. Saran bagi kepala sekolah agar komponen kebijakan sekolah ramah anak segera dipenuhi termasuk di dalamnya komitmen tertulis berbentuk pakta integritas. Saran bagi guru sebagai pelaksana kegiatan agar segera mendapatkan pelatihan-pelatihan khusus hak anak bagi sekolah ramah anak. Saran bagi pemangku kepentingan terkait hendaknya memberika informasi yang rinci dan jelas terkait berbagai program yang dijalankan dalam bidang PAUD khususnya program penetapan Sekolah Ramah Anak (ASR). Saran bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian serupa ketika semua komponen sekolah ramah anak terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |