Sunarmi (2022) Strategi belajar membaca pemula menggunakan big book dalam meningkatkan kemampuan literasi anak di TK Ami Timika-Papua / Sunarmi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sunarmi (2022) Strategi Belajar Membaca Pemula Menggunakan Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Tk Ami Timika-Papua Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Dr. Ahmad Samawi M. Hum Kata Kunci Strategi belajar membaca pemula big book literasi Pada saat ini pendidikan literasi sedang gencar-gencarnya digalakan oleh para Prakrisi pendidik untuk dapat menciptakan individu yang cerdas dalam bidang kademik yang dapat berfikir secara kritis dan logis.Dalam pelaksanaanya tidak hanya dilakukan oleh lembaga pendidikan peranan orang tua juga turut andil dalam menanamkan pendidikan literasi sejak dini mulai dari usia pra sekolah yaitu usia 4-6 tahun tujuannya bukan hanya anak mampu membaca atau menulis tetapi anak dapat berpikir secara kritis dalam menyikapi informasi khususnya bagi anak usia dini. Pada usia 4 -6 tahun ini merupakan masa emas atau ldquo golden age rdquo .Masa- masa Kritis dimana seorang anak membutuhkan pengarahan dan bimbingan untuk mencapai kematangan yang sempurana. Pada masa ini anak paling cepat menyerap pengetahuan-pengetahuan yang diberikan sehinga bagaimana pendidik dapat mengajar membaca pemula pada anak usia dini ialah individu yang sedangmengalami perkembangan yang pesat dan mendasar bagi kehidupannya. Maka dari itu anak usia dini merupakan masa yang paling penting untuk diperhatikan perkembangannya dengan cara memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia dan kemampuannya. Belajar membaca pemula menggunakan big book memudahkan anak usia dini dapat membaca di usia prasekolah. Fokus penelitian dalam penelitian ini 1).Bagaimana strategi belajar membaca Pemula menggunakan big book dalam meningkatkan kemapuan baca di TK AMI Timika. 2) Apakah big book yang digunakan dapat bermanfaat dalam meningkatkan minat belajar membaca bagi siswa TK AMI.3) Kemampuan literasi anak di TK AMI. Tujuan penelitan sebagai antaralain sebagai berikut 1) Mengkaji dan Memahami strategi pembelajaran membaca pemula dengan menggunakan big book Mudah di pahami bagi anak usia dini. 2) Mengkaji dan memahami strategi belajar Membaca dengan menggunakan big book efektif bagi anak usia dini.3) Dapat Meningkatkan literasi di TK AMI. Studi kasus tunggal berfungsi sebagai fokus dari penyelidikan kualitatif ini TK AMI yang bertujuan untuk mengetahui secara obyektif bahwa strategi Belajar membaca pemula menggunakan big book ini dapat mempermudah anak usia Dini dapat membaca serta meningkatkan literasi pada anak Paud di TK AMI.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa TK AMI Timika ndash Papua mengunakan Strategi big book dalam pembelajaran literasi sebagai salah satu sekolah rujukan bagi orang tua untuk menititipkan anaknya untuk di didikDi TK AMI. Sejak tahun 2010 hingga kini menjadi pilihan karena mampu mengajar .Serta membimbing anak-anak belajar membaca secara mudah dipahami anak keranaTanpa memaksakan anak dalam melatih membaca. Bahwa apabila anak dapat membaca dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dapat memupuk anak senang membaca sejak dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |