Rindiantika, Ni Putu Ayu (2023) Implementasi pembelajaran holistik integratif dalam mengembangkan sosial emosional anak studi kasus TK Kemala Bhayangkari 17 Mimika Papua / Ni Putu Ayu Rindiantika</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rindiantika Ni Putu Ayu. 2022. Implementasi Pembelajaran Holistik Integratif dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Studi Kasus TK Kemala Bhayangkari 17 Mimika Papua. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (2) Dr. Muh. Arafik S.Pd. M.Pd. Kata Kunci PAUD Holistik Integratif Sosial emosional TK Kemala Bhayangkari 17 Mimika adalahSsalahsatuLlembaga PAUD yang sudah menerapkan pembelajaran HoliistikiIntegratif. TK Kemala Bhayangkari 17 Mimika berada dibawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari. Pelaksanan Pembelajaran Holiistik Integratif yang dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 17 dilaksanakan bersama-sama oleeh guru pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari dan pihak Puskesmas. Serangkaian prosesnbelajar anaknuntuk menyesuaikanndiri dengan aturan norma nmoral dan tradisinsuatu kelompoknmerupakan salahsatu aspek perkembangan sosial. faktorbpendukung danbpenghambat dalambproses pembelajaranbholiistik integratif di TK Kemala Bhayangkari 17 Mimika. Faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana yang cukup memadai guru kreatif dalam menggunakan barang bekas yang masih layak pakai dan juga terdapat kerjasamabyang baik antarabpihaksekolahbdengan pihakbyayasan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu diri anak itu sendiri. Terdapat beberapa anak yang masih belum bisa mengendalikan emosinya sehingga hasiil pembelajaran anak tersebut belum berkembang denganbbaik. pembelajaran holitik integratif ini memiliki dampak yangbsignifikan terhadap perkembanganbsosial-emosional anak. Dan berdasarkanbhasiil wawancara dengan penelitibproses pembelajaran terpadu ekstensif guru terlebih dahulu menentukanbbentukbkegiatan/materibyang akanbdilakukan menentukan waktubpenyampaian (di dalam kelas/di luar kelas) dan tempatnya. pengiriman yang digunakan selama pelaksanan harus persiapan peralatannyang akan digunakan yang membaginanak menjadi beberapankelompok menjelaskan tugasndan aturannpermainan merefleksi dan mempresentasikan semua kegiatan setiap siswa. Semua kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan agar pembelajaran menjadi optimal dan juga untuk mencapai hasiil yang diingiinkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322228 |
Actions (login required)
View Item |