Suparti, Tinuk (2022) Pengelolaan program parenting dalam pembuatan buku ajar dari kardus bekas (studi kasus di raudlatul athfal annabawiyah kelurahan pecalukan Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Tinuk Suparti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program parenting merupakan kerjasama yang melibatkan orang tua di dalam semua kegiatan yang diadakan di lembaga. Perlibatan tersebut menjadi penting bagi keberlangsungan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menggambarkan (1) kegiatan pengelolaaan program parenting dalam peningkatan mutu pendidikan (2) program pembuatan buku ajar dari kardus bekas dalam penyelarasan pendidikan dan (3) kegiatan pembuatan buku ajar dalam peningkatan kreativitas dan kebersamaan antara orang tua dan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data primer adalah kepala sekolah guru dan wali murid di RA Annabawiyah Pecalukan. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan (1) pengelolaan program parenting yang ada di RA Annabawiyah yang dimulai dari perencanaan yang dilakukan oleh kepala RA dan guru dengan mengecek dan meriview kalender pendidikan dan program tahunan untuk mencocokkan kembali semua kegiatan yang sudah terlaksana dan yang belum terlaksana mengatur dan membuat jadwal agar tidak bertumpuk dan terkendala dengan kegiatan lain menentukan tujuan dari kegiatan parenting menentukan semua alat dan bahan baik dari segi pengadaan dan pembiayaan membuat dan merancang materi parenting dengan teliti dan mendetail dan membuat undangan kepada walimurid (2) program parenting dalam pembuatan buku ajar dapat menjadikan persamaan persepsi dalam mengajar dan juga dapat menselaraskan metode yang dipakai dalam mengajar. Media bahan bekas yang tidak bisa dipergunakan sesuai fungsinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Buku ajar dari kardus yang dihasilkan oleh walimurid dan siswa dapat dipergunakan untuk belajar sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang ada di rumah. Dengan adanya kerjasama dan keikutsertaan walimurid dalam kegiatan maka keselarasan dan penyamaan pendidikan menjadi meningkat. Keikutsertaan presentasi yang dilakukan dalam kegiatan membuat buku ajar menambah metode belajar yang ada di lembaga. Metode presentasi dapat dijadikan sebagai aktualisasi dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran dan (3) kegiatan pembuatan buku ajar dapat meningkatkan kreativitas dan kebersamaan antara orang tua dan anak RA Annabawiyah memiliki cara yang baik dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu melalui membuat suatu karya unik buku ajar dari kardus bekas kegiatan ini mengasah keterampilan dan juga dapat memunculkan ide kreatif dalam membuat pola merangkai dan memberi hiasan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322216 |
Actions (login required)
View Item |