Handayani, Sri (2022) Pengembangan role playing game “petualangan Saka” guna penguatan profil pelajar pancasila pada anak TK Muslimat NU 18 Kota Malang / Sri Handayani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Handayani Sri. 2022. Pengembangan Role Playing Game ldquo Petualangan Saka rdquo Guna Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Anak TK Muslimat NU 18 Kota Malang. Tesis Program studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (2) Dr. Yudithia Dian Putra M.Pd M.M. Kata Kunci Media Pembelajaran Game Profil pelajar Pancasila Anak TK Selama pembelajaran Covid 19 hingga tatap muka terbatas anak terbiasa menggunakan media pembelajaran IT sehingga mempengaruhi dalam aktifitas sehari hari diperlukan strategi khusus agar mereka tumbuh menjadi anak yang maju secara teknologi namun tetap mampu Memahami dan mengamalkan Pancasila tidak sebatas pada konteks pengetahuan belaka namun sampai pada kehidupan yang nyata di sekitar anak. Penelitian ini laksanakan di Kelompok B TK Muslimat NU 18 Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media Role Playing Game yang valid atau layak guna penguatan profil pelajar Pancasila serta membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dalam game ini siswa akan berperan sebagai karakter utama dimana siswa harus menyelesaikan misi tantangan dan hambatan yang mengarah pada Penguatan Profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia menurut Lee amp Owens. Pada Penelitian ini mengunakan penelitian Research and development Peneliti memilih model pengembangan dikarenakan model ini mempunyai alur yang sesuai dengan media yang dikembangkan Role Playing Game Petualangan Saka ini hanya pada uji validasi dan pemanfaatan sebagai suplemen pembelajaran. Berdasarkan hasil uji validasi yang telah dilakukan serta uji kemenarikan dan kepraktisan. Media Game RPG petualangan dinyatakan valid menarik dan praktis pada hasil validitas media menunjukkan 98% dengan kriteria Valid. 93% dengan kriteria sangat menarik dan 92% dengan kriteria sangat praktis Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Role Playing Game ini telah valid atau layak untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran. Game RPG Petualangan Saka dapat menjadi alternatif media yang digunakan guna penguatan materi profil pelajar Pancasila serta membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |