Asyhari, Rahayu (2022) Pengelolaan program <em>guest teacher</em> dalam menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila (studi kasus di TK Laboratorium UM Kota Malang) / Rahayu Asyhari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Asyhari Rahayu. 2022. Pengelolaan Program Guest Teacher dalam Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus di TK Laboratorium UM Kota Malang). Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Program Guest Teacher Karakter Profil Pelajar Pancasila Pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila untuk anak diperlukan peran orang tua sebagai pondasi utama dalam tumbuh kembang anak sehingga partisipasi orang tua sangat penting atas kesadaran dan kepedulian orang tua saat melakukan aktivitas peserta didik dalam mengambil keputusan melaksanakan dan mengevaluasi keputusan dalam suatu program pendidikan di sekolah. Oleh sebab itu diperlukan kolaborasi kecakapan berpikir kritis dan kreatifitas untuk menciptakan generasi yang paham akan perkembangan teknologi dan yang berkarakter. Kerja sama antara pendidik dan orang tua sangat dibutuhkan di era ini sebagai penunjang keberhasilan pendidikan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Terdapat tujuh subjek dalam penelitian ini. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di TK Laboratorium UM kota Malang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis tematik. Tingkat ketelitian dalam penelitian ini dicapai dengan menggunakan triangulasi metode triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Formulasi strategis pengelolaan Program Guest Teacher di TK Labolatorium UM dilakukan dengan menyusun perencanaan yang didesain berdasarkan profesi orang tua serta pembuatan struktural pengorganisasian (2) Implementasi Program lsquo Guest Teacher rsquo dalam menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila terlaksana dengan yang mengutamakan kerjasama dengan orang tua sebagai mitra utama TK Laboratorium UM (3) Evaluasi program Guest Teacher di TK Laboratorium UM dilakukan dengan pengawasan langsung oleh kepala sekolah dan setelah pengawasan kepala sekolah melakukan evaluasi mengenai pengelolaan program peningkatan dalam menerapkan enam dimensi elemen dan subelemen dan (4) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program lsquo Guest Teacher rsquo dalam menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila di TK Laboratorium UM di antaranya (a) faktor pendukung kepala sekolah guru dan semua karyawan selalu memberikan keteladanan berupa sikap-sikap yang baik (b) faktor penghambat ditemukan adanya Guest Teacher yang tidak percaya diri atau gugup dan saat sudah hadir di tengah anak-anak tiba-tiba sang Guest Teacher lupa materi upaya dari faktor penghambat yaitu dengan memberikan motivasi dan semangat serta pendampingan guru saat berlangsungnya Guest Teacher.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |