Program budaya religius dalam menguatkan profil pelajar pancasila (studi kasus di TK Al-Ittihaad Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan) / Amala Tirta</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Program budaya religius dalam menguatkan profil pelajar pancasila (studi kasus di TK Al-Ittihaad Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan) / Amala Tirta</p>

Tirta, Amala (2022) Program budaya religius dalam menguatkan profil pelajar pancasila (studi kasus di TK Al-Ittihaad Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan) / Amala Tirta</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembicaraan tentang membangun kembali karakter bangsa dengan tujuan merevitalisasi ketahanan bangsa terhadap arus globalisasi telah memenuhi ruang publik saat ini. Penataan kembali pendidikan karakter bangsa bukan hanya sekedar infrastruktur kebangsaan melainkan karena dinamika perubahan tatanan dunia dengan semakin menguatnya modernisasi. Indonesia sebagai negara yang berasaskan Pancasila perlu untuk menekankan kembali penerapan nilai ndash nilai yang terkandung di dalam butir Pancasila untuk dijadikan dasar dalam bertindak di kehidupan sehari ndash hari. Profil pelajar Pancasila merupakan serangkaian karakter dan kompetensi yang perlu dikembangkan kepada anak melalui budaya sekolah kegiatan intrakulikuler ekstrakulikuler dan kegiatan proyek. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan data sekunder. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data kondensasi data sajian data dan penarikan kesimpulan. Teknk keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber member check serta kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara mendalam observasi dan studi dokumen menunjukkan (1) formulasi strategi program budaya religius dalam menguatkan profil pelajar pancasila dilakukan melalui lima tahapan yaitu menentukan tujuan membentuk tim pengembang budaya religiu menentukan sasaran membuat kebijakan serta melakukan analisa program (2) Implementasi program budaya religius meliputi kegiatan dan pembiasaan seperti hafalan juz lsquo amma dengan metode one day one ayat praktik sholat dan wuldu sedekah Jum rsquo at Jum rsquo at bersih pembiasaan ucap salam pembiasaan makan sambil duduk dan pembiasaan berdo rsquo a sebelum dan sesudah kegiatan. Program tersebut dapat menguatkan profil pelajar pancasila terutama dalam dimensi beriman bertakwa pada Tuhan Yang Esa berakhlak mulia bergotong royong dan mandiri (3) faktor pendukung adalah adanya kolaborasi antara orang tua dan guru. adanya komitmen kerja keras dan kesabaran para guru. Adanya dukungan dari ketua yayasan kepada kepala sekolah dan guru berupa bimbingan keagamaan secara berkala. Penghambat terlaksananya program budaya religius dalam menguatkan profil pelajar Pancasila diantaranya yaitu faktor lingkungan pengaruh tontonan di media elektronik. Serta dari faktor sarana prasarana yang belum memiliki Musholla sebagai tempat beribadah yang memperkuat penghayatan nilai religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322208

Actions (login required)

View Item View Item