Siahaan, Olis Oktaviana (2022) Pengembangan media pembelajaran peta petualang keberagaman budaya Indonesia untuk kemampuan kognitif anak TK usia 5-6 tahun / Olis Oktaviana Siahaan</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Siahaan Olis Oktaviana. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Peta Petualang Keberagaman Budaya Indonesia untuk Kemampuan Kognitif Anak Taman Kanak-kanak. Tesis Prodi S2 - Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (II) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci kemampuan kognitif media peta petualang taman kanak-kanak Kemampuan kognitif merupakan kemampuan berpikir terhadap pengetahuan yang dimiliki anak saat melakukan aktivitas bermain. Bermain eksplorasi untuk menstimulus otak kanan dan kiri diperlukan sebuah media berbasis teknologi. Berdasarkan hasil penelitian awal di TK Laboratorium UM menyatakan bahwa media pembelajaran multimedia peta petualang dibutuhkan dalam mengeksplorasi daya berpikir terhadap ragam budaya lima pulau terbesar di Indonesia untuk anak usia lima sampai dengan enam tahun. Pentingnya menstimulasi daya berpikir pada keberagaman budaya memberikan pembelajaran dasar terhadap tumbuh kembang anak di lingkungan sekitar. Lingkungan dimana anak tumbuh terdapat pembiasaan dan pembelajaran kultur budaya agar anak mampu mengenal identitas budaya secara optimal berdasarkan era Revolusi Industri. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif dari slide PowerPoint menampilkan audio visual dengan beberapa kegiatan digunakan saat pembelajaran berkebhinekaan global untuk kemampuan kognitif dalam mengeksplorasi ragam budaya 5 pulau Indonesia. Tujuan dari penelitian pengembangan ini menghasilkan media peta petualang yang valid menurut ahli media materi dan pembelajaran serta menghasilkan media peta petualang yang efektif efesien dan menarik untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan lima langkah. Hasil pengembangan berupa produk media pembelajaran peta petualang keberagaman budaya Indoensia dengan tema cinta tanah air digunakan untuk kemampuan kognitif dalam mengeksplorasi ragam budaya Indonesia anak usia 5-6 tahun. Validasi dilakukan terhadap ahli media ahli materi ahli pembelajaran uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil uji validitas kepada ahli media anak usia dini diperoleh persentase 97 5% ahli materi anak usia dini dengan persentase 91 25% dan ahli pembelajaran anak usia dini menghasilkan persentase 97 5%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat persentase data pengguna 86 66% efektivitas 87 5% efesiensi 80% dan kemenarikan 94 28%. Serta hasil uji kelompok besar dengan persentase data pengguna 89 44% efektivitas 89 16% efesiensi 82 59% dan kemenarikan 98 57%. Berdasarkan uji validitas para ahli dan uji coba kepada anak media peta petualang keberagaman budaya Indonesia ini dikategorikan sangat efektif efesien dan menarik sehingga layak digunakan anak Taman Kanak-kanak (TK). Media peta petualang ini dapat dijadikan acuan untuk menstimulus kemampuan kognitif dalam mengeksplorasi daya berpikir terhadap budaya Indonesia pada anak Taman Kanak-kanak usia lima sampai enam tahun. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media peta petualang dengan keterampilan kognitif yang lebih luas lagi dan melakukan evaluasi ulang terhadap media peta petualang ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322207 |
Actions (login required)
View Item |