Pengaruh literasi ict dan kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran taman kanak-kanak di Kota Kupang / Maria Laetitia Barek Koten</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh literasi ict dan kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran taman kanak-kanak di Kota Kupang / Maria Laetitia Barek Koten</p>

Koten, Maria Laetitia Barek (2022) Pengaruh literasi ict dan kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran taman kanak-kanak di Kota Kupang / Maria Laetitia Barek Koten</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tantangan guru dalam dunia pendidikan abad 21 adalah berhadapan dengan anak-anak dari generasi Alpha yang hidup berdampingan bersama teknologi. Hal ini menjadikan guru sebagai pendidik harus lebih cerdas dalam menggunakan teknologi. Pentingnya menjaga keselarasan antara perkembangan anak didik dan pembelajaran yang diberikan maka guru harus belajar literasi ICT dan mengembangkan kompetensi profesional dirinya sehingga mampu meningkatkan tercapainya kualitas pembelajaran. Fokus dalam penelitian ini (1) Apakah literasi ICT berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran Taman Kanak-kanak di Kota Kupang (2) Apakah kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran Taman Kanak-kanak di Kota Kupang (3) Apakah literasi ICT dan kompetensi profesional guru secara simultan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran Taman Kanak-kanak di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi penelitian ex post facto. Berdasarkan besarnya populasi guru Taman Kanak-kanak yang tersebar di Kota Kupang dengan jumlah guru yang berbeda-beda pada setiap kecamatan maka diambil 20% dari masing-masing kecamatan sebagai sampel sehingga dari 380 diambil 78 guru sebagai responden. Pengumpulan data utama diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada responden dan dokumentasi sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan melalui uji asumsi klasik. Semua uji statistik dalam hasil penelitian dibantu dengan program SPSS 23. Hasil uji hipotesis secara parsial maupun simultan menunjukkan literasi ICT dan kompetensi profesional guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran Taman Kanak-kanak di Kota Kupang sebesar 35.6%. Adapun persentase sumbangan terbesar secara parsial dari kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran sebesar 17.83%. Hal ini menunjukkan bahwa literasi ICT bersama kompetensi profesional yang baik dari seorang guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar guru Taman Kanak-kanak selalu memanfaatkan media ICT untuk mengembangkan kompetensi dirinya dengan mengikuti pelatihan seminar dan workshop mengenai implementasi teknologi pembelajaran sebagai fasilitas dalam belajar literasi ICT dan sekaligus meningkatkan kompetensi dirinya sehingga para guru dapat mempertahankan kualitas pembelajaran di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322204

Actions (login required)

View Item View Item