Pengaruh Online Behavioral Advertising terhadap Minat Beli melalui Sikap Konsumen (Studi pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Instagram di Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hosnol Khotimah Kurnianturi

Kurnianturi, Hosnol Khotimah (2018) Pengaruh Online Behavioral Advertising terhadap Minat Beli melalui Sikap Konsumen (Studi pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Instagram di Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hosnol Khotimah Kurnianturi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnianturi, Hosnol Khotimah. 2018. Pengaruh Online Behavioral Advertising terhadap Minat Beli melalui Sikap Konsumen (Studi pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Instagram di Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Hari, M.Si. Kata Kunci: Online Behavioral Advertising, Sikap Konsumen, Minat Beli Seiring semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, informasi suatu produk dapat bersumber dari iklan yang dibuat di media online. Hal ini yang akan memunculkan minat beli konsumen. Sebelum tercipta hasrat memiliki produk yang diiklankan, konsumen akan memberikan sikap yang berbeda-beda terhadap iklan tersebut. Dalam menilai konsumen satu dengan yang lainnya tidak dapat disama-ratakan karena konsumen pada dasarnya memiliki keinginan yang berbeda. Online Behavioral Advertising (OBA) dapat menjadi pilihan bagi pemasar karena jenis iklan ini dapat menyasar langsung kepada konsumen yang paling tertarik dengan produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi OBA, sikap konsumen, dan minat beli konsumen; (2) pengaruh OBA terhadap sikap konsumen; (3) pengaruh OBA terhadap minat beli konsumen; (4) pengaruh sikap konsumen terhadap minat beli konsumen; dan (5) pengaruh tidak langsung OBA terhadap minat beli konsumen melalui sikap konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis descriptive research dan explanatory research. Data diperoleh dari kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna media sosial Instagram di Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sampel diambil dengan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 126 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur. Setelah dilukakan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi OBA menurut persepsi konsumen tergolong baik, kondisi sikap konsumen termasuk kriteria cukup baik, dan kondisi minat beli konsumen tergolong baik; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan OBA terhadap sikap konsumen; (3) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan OBA terhadap minat beli konsumen; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap konsumen terhadap minat beli konsumen; dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan OBA terhadap minat beli konsumen melalui sikap konsumen. Oleh karena itu, saran bagi perusahaan yaitu diperlukan pertimbangan dalam pembuatan konten OBA sehingga apa yang ingin disampaikan dapat sepenuhnya tersampaikan kepada konsumen sasarannya. ABSTRACT Kurnianturi, Hosnol Khotimah. 2018. The Effect of Online Behavioral Advertising on Purchase Intention through Consumer Attitude (Study on Instagram Users in Undergraduate Student at Management Program of Batch 2014, Faculty of Economics, State University of Malang). Undergraduate Thesis. Advisor: Drs. H. Mohammad Hari, M.Si. Keywords: Online Behavioral Advertising, Consumer Attitude, Purchase Intention As the development of information and communication technology, information of a product can be sourced from advertisements made in online media. This will lead to consumer purchase intention. Before creating a desire to have the product which advertised, each consumer will give a different attitude to the ad. In assessing consumers with one another can not be averaged because consumers basically have different desires. Online Behavioral Advertising (OBA) can be an option for marketers because this type of advertising can be targeted directly to consumers who are most interested in the products offered. This study aims to determine (1) the condition of OBA, consumer attitude, and consumer purchase intention; (2) the effect of OBA on consumer attitudes; (3) the effect of OBA on consumer buying interest; (4) the effect of consumer attitudes on consumer buying interest; and (5) the indirect effect of OBA on consumer purchase intention through consumer attitudes. This research uses quantitative approach with descriptive research and explanatory research. Data were obtained from an online questionnaire. Population in this research is student of Instagram users at S1 Management Program of Batch 2014, Faculty of Economics, State University of Malang. Samples were taken by probability sampling method with simple random sampling technique. The number of samples taken as many as 126 people. Data analysis used in this research are descriptive analysis, classical assumption test, and path analysis. After conducting data analysis, the results of this study indicate that (1) the condition of OBA according to consumer perception is good, the condition of consumer attitude is good enough, and condition of consumer purchase intention is good; (2) there is a positive and significant effect of OBA on consumer attitudes; (3) there is no positive and significant effect of OBA on consumer purchase intention; (4) there is a positive and significant effect of consumer attitudes on consumer purchase intention; and (5) there is a positive and significant indirect effect of OBA on consumer purchase intention through consumer attitude. Therefore, suggestions to the companies are they need in-depth consideration of OBA content so that the things which want to convey can be fully conveyed to the target consumers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32216

Actions (login required)

View Item View Item