Analisis profil risiko keputusan pendanaan ekuitas pada perusahaan Package IPO (PIPO) dan Shares-Only IPO (SIPO) di Indonesia (studi pada perusahaan listing di BEI periode 2000-2016) / Cattetiana Dhevi

Dhevi, Cattetiana (2018) Analisis profil risiko keputusan pendanaan ekuitas pada perusahaan Package IPO (PIPO) dan Shares-Only IPO (SIPO) di Indonesia (studi pada perusahaan listing di BEI periode 2000-2016) / Cattetiana Dhevi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Dhevi Cattetiana. 2018. Analisis Profil Risiko Keputusan Pendanaan Ekuitas pada Perusahaan Package IPO dan Shares-Only IPO di Indonesia. Studi pada Perusahaan Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2000-2016. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Soesetio S.E . M.M. Kata Kunci Initial Public Offering PIPO SIPO profil risiko. Initial Public Offering (IPO) adalah penawaran umum efek pertama kali di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan melakukan IPO adalah untuk mendapatkan sumber pendanaan dan juga memperbaiki struktur modal. Dalam mencapai hal tersebut maka diperlukan strategi perusahaan untuk menarik minat investor terhadap efek yang ditawarkan sehingga beberapa perusahaan mengeluarkan efek penyertaan berupa waran bersamaan dengan saham biasa saat IPO. Package Initial Public Offering (PIPO) adalah ketika sebuah perusahaan menerbitkan saham biasa beserta efek penyertaan dalam bentuk waran sebagai pemanis (sweetener) bersamaan saat IPO. Sedangkan Shares-Only Initial Public Offering (SIPO) adalah penawaran umum yang berisikan saham biasa. Penelitian ini mengelompokkan perusahaan menjadi Package IPO dan Shares-Only IPO dengan cara menelaah prospektus yang diterbitkan perusahaan saat IPO. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2000-2016 dengan mengeluarkan tahun 2008. Sebanyak 219 perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Mann Whitney U-Test dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kondisi perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) periode 2000-2016 menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan sampel tergolong ke dalam perusahaan Shares-Only IPO dan sektor terbanyak adalah sektor perdagangan dan investasi 2) Kondisi initial return perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) periode 2000-2016 menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan tergolong dalam klasifikasi sangat rendah 3) Variabel Shared Issue Age Underwriter Reputation dan Xboard tidak memiliki perbedaan dan tidak berpengaruh signifikan dalam menentukan jenis IPO yang listing di BEI pada periode 2000-2016 4) Variabel Listing Delay Auditor Reputation dan Market period memiliki perbedaan dan berpengaruh signifikan dalam menentukan jenis IPO yang listing di BEI pada periode 2000-2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32215

Actions (login required)

View Item View Item