Peran guru penggerak dalam inovasi pembelajaran di TK Negeri Mitra Kencana Kabupaten Mimika Papua / Benny Jelita Silaban</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru penggerak dalam inovasi pembelajaran di TK Negeri Mitra Kencana Kabupaten Mimika Papua / Benny Jelita Silaban</p>

Silaban, Benny Jelita (2023) Peran guru penggerak dalam inovasi pembelajaran di TK Negeri Mitra Kencana Kabupaten Mimika Papua / Benny Jelita Silaban</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Silaban Benny Jelita Silaban (2022). Peran Guru Penggerak dalam Inovasi Pembelajaran di TK Negeri Mitra Kencana Kab.Mimika Papua Tesis. Program studi Magister PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr.Alif Mudiono M.P Pembimbing II Dr. Pramono S.Pd M.Or. Kata Kunci guru penggerak peran inovasi pembelajaran Guru penggerak adalah guru yang telah lolos seleksi dan menyelesaikan pendidikan selam 9 bulan memiliki peran sebagai agen perubahan untuk mengembalikan pendidikan di Indonesia sesuai dengan filosofi Kihadjar Dewantara. peneltian denga jenis kaualitatif mendisikripsikan tenntang peran gru penggerak dalm inovasi pembelajaran mulai pengelolaan kelas mellaui kesepkatan kelas. kesepkatan kelas aalah kesepatan yang dibuat bersama anatar pihak yang terkait untuk mewujudkan suasana belajar yang diinginkan. Rancangan pembelajaran disusn berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa. sehingga pembelajaran yang dilakukan setiap kelas berbeda sesuai dengan capai pembelajaran yang akan di capai. Peneltian ini di fokuskan pada rancangan inovasi pembelajaran berupa kesepakatan kelas dan modul ajar yang di rancang dan disusun berbeda setiap kelas. Setiap guru merancang pembelajarn sesuai pemetaan berdasarkan kesiapan belajarmurid minat belajar murid dan profil belajar murid. Pembelajaarn dilakanakan dengan pendekatan pembelajaran diferensiasi dengan strategi diferensis konten diferensiasi proses dan difrensiaisi hasil. Kemampuan guru merancang kegiatan pembelajaran dalam permianan inovatif disesuiakan dengan pemetaan murid untuk memcapai tujuan pembelajaran. Penggunaan buku paket juga di tiadakan. Kegiatan belajar dirancang dalam berbagi bentuk permainan inovatif yang memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Permainan menggunakan media kongkrit. Media yang digunakan adalah media nyata yang aman dan dapat digunakan anak usia 4-6 tahun. Inovasi pembelajaran dilaksanakan melalui komunitas belajar sebagai wadah guru untuk meningkatkan kompetensi diri dan proses belajar murid melalui kegiatan refleksi. Pembelajaran diferensiasi salah satu perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran yang berpihak pada murid. Kesepakatan sebagai bentuk keinginan seluruh warga sekolah untuk mewujudkan wellbeing terdiri dari kepekatan bersama kesepakatan guru dan kesepkatan kelas. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa guru penggerak memliki peran penting dalam merancang melaksanakan dan mengevaluasi inovasi pembelajaran untuk melakukan perubahan. perubahan itu adalah melaksanakan pembelajaran sesuai denga filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara bahwa setiap anak memiliki kebutuhan belajar yang berbeda. Saran bagi guru dan kepala TK Negeri Mitra Kencana untuk dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran melalui permainan yang bermakna dan menyenangkan. bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggali praktik baik yang dilakukan oleh guru penggerak sebagai agen perubahana dalam pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322127

Actions (login required)

View Item View Item